Jumpa Pers Kata Terpopuler 2019 yang digelar Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud.  Foto:  Medcom.id/Muhammad Syahrul ramadhan
Jumpa Pers Kata Terpopuler 2019 yang digelar Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul ramadhan

'Milenial' Jadi Kata Terpopuler di 2019

Pendidikan Bahasa Indonesia
Muhammad Syahrul Ramadhan • 06 Januari 2020 16:52
Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan kata milenial sebagai Kata Terpopuler di Indonesia tahun 2019. Ada sejumlah alasan hingga kata yang satu ini menempati posisi puncak dari 15 kata terpopuler lainnya.
 
Plt. Direktur Jenderal Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Dadang Sunendar. mengatakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merekam kata-kata yang memiliki pencarian terbanyak tahun ini. Pada 2019 KBBI mencatat 15 kata yang memiliki jumlah pencarian tertinggi, yaitu kerja sama, praktik, analisis, risiko, memengaruhi, izin, aktivitas, milenial, survei, daring, zaman, hoaks, detail, dan sistem.
 
Kata milenial merupakan salah satu kata dalam daftar tersebut dengan jumlah pencarian sebanyak 19.834 pencarian berdasarkan data hingga 30 Desember 2019 pukul 12.58. Dadang menjelaskan, dalam penetapan kata milenial ini ada dua pendekatan, yakni kualitatif dan kuantitatif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pendekatan kuantitatif diambil dari data statistik KBBI daring. "Kami juga melakukan secara kualitatif dengan melihat rujukan-rujukan dari berbagai media massa, bidang ilmu, kajian-kajian tertentu, yang hampir semua merujuk kata milenial. Kedua, secara kualitatif kata yang digunakan sepanjang tahun, berdasarkan google trends, penggunaan tertinggi," jelas Dadang di Gedung C, Kemendikbud, Jakarta, Senin, 6 Januari 2020.
 
Lebih lanjut, ia menyebut kata milenial juga menandai berbagai peristiwa. Mulai dari festival keselamatan sampai staf khusus milenial yang didapuk oleh Presiden Joko Widodo.
 
"Kemudian penggunaan oleh berbagai kalangan di masyarakat, baik dalam komunikasi lisan maupun komunikasi tulis di media sosial. Selain itu juga kata milenial dikenal dan digunakan oleh berbagai kalangan untuk mengidentifikasi perilaku dan generasi yang memiliki karakteristik tertentu," jelasnya.
 
Adapun sebaran kata milenial ini ada di media nasional, publikasi ilmiah, laman resmi pemerintah, swasta, dan bidang pengetahuan. “Kata milenial merupakan kata yang tepat untuk dijadikan Kata Tahun Ini pada 2019. Pemilihan kata milenial ditinjau, baik dari segi popularitas, penggunaan, maupun distribusinya," kata Dadang.
 
Kata ini memiliki popularitas yang relatif tinggi sepanjang tahun, dengan distribusi penggunaan di berbagai daerah, bidang ilmu, dan pemangku kepentingan yang luas. Selain itu, Dadang menyebut, kata milenial berpotensi tetap bertahan digunakan.
 
Ada beberapa yang menjadi alasan, pertama penggunaan istilah generasi milenial untuk mengidentifikasi generasi produktif yang memiliki kontribusi sosial dan kemampuan teknologi yang baik. Kedua, berita yang membahas atau berita yang ditulis oleh generasi milenial cukup banyak beredar di masyarakat. Ketiga milenial sering diasosiasikan pada kebaruan dan kemodernan.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif