Rapat harmonisasi rancangan Peraturan Presiden tentang IAIN.  Foto: Kemenag/Dok.Humas.
Rapat harmonisasi rancangan Peraturan Presiden tentang IAIN. Foto: Kemenag/Dok.Humas.

Dua STAIN Bakal Bertransformasi Jadi IAIN

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 15 Januari 2020 17:51
Jakarta: Dua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) akan bertransformasi menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Kedunya berasal dari Aceh dan Papua yakni STAIN Gajah Putih Takengon dan STAIN Sorong.
 
Kepastian alih status ini diketahui setelah keluarnya persetujuan permohonan ijin prakarsa penyusunan atas rancangan Perpres tentang IAIN Sorong dan IAIN Gajah Putih Takengon dari KemenPAN dan Reformasi Birokrasi. Sebagai tindak lanjutnya, Kemenkumham menggelar Harmonisasi Rancangan Peraturan Presiden tentang IAIN Takengon di Jakarta.
 
Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Arskal Salim meminta kepada kedua pimpinan STAIN tersebut agar meresepons dengan cepat. Salah satunya dengan melakukan percepatan penguatan Sumber Daya Manusia, khususnya bagi para dosen yang sedang menjalankan tugas belajar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Mereka harus segera lulus dan kembali ke kampus untuk bertugas dalam rangka mengamalkan ilmunya dan tentu untuk meningkatkan mutu dan kualitas lembaga,” jelas Arskal Salim di Jakarta, Rabu, 15, Januari 2020.
 
Sementara itu Ketua STAIN Takengon Zulkarnain yang hadir dalam Harmonisasi Rancangan Peraturan Presiden tentang IAIN Takengon berharap perubahan status ini membawa manfaat. Untuk SDM sendiri ia menyebut kini kampusnya memiliki 36 dosen yang sedang menyelesaikan pendidikan S3, di dalam maupun luar negeri.
 
“Kami berharap semoga transformasi ini akan berdampak positif terhadap peningkatan mutu dan kualitas lembaga serta menjadi kebanggaan bagi masyarakat Aceh,” jelas Zulkarnain.
 
Direktur Harmonisasi Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM, Bunyamin menyampaikan, hasil harmonisasi akan menjadi dasar untuk penetapan Perpes terkait dengan perubahan bentuk STAIN menjadi IAIN.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif