Siswa PAUD mewarnai di dalam Museum Nasional. Medcom,id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
Siswa PAUD mewarnai di dalam Museum Nasional. Medcom,id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

Uji Publik Rampung, BSNP Serahkan Draf Standar Baru PJJ ke Kemendikbud

Pendidikan Virus Korona Pembelajaran Daring
Ilham Pratama Putra • 18 September 2020 13:27
Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah selesai melakukan uji publik Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Draf hasil uji publik tersebut akan dikirimkan BSNP ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
 
Ketua BSNP, Abdul Mu'ti meminta kedua draf tersebut (PAUD dan PJJ) dapat dijadikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud). Dia berharap Kemendikbud dapat segera menjadikan draf itu menjadi Permendikbud.
 
"Kedua draf Permendikbud ini akan diserahkan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk diproses lebih lanjut menjadi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan," ujar Mu'ti dalam Konferensi pers virtual, Jumat 18 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pendidikan berkualitas bisa terjadi bila Negara mempersiapkan proses pendidikan yang baik bagi setiap warga negaranya mulai dari jenjang PAUD secara holistik dan integratif. Pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini menjadi sangat sentral agar anak-anak Indonesia mengalami proses tumbuh kembang dan kesiapan dalam memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.
 
Draf Permendikbud tentang Pendidikan Anak Usia Dini diusulkan untuk merevisi Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Karena hasil pemantauan BSNP tentang standar PAUD tersebut menunjukkan bahwa beberapa hal pengaturan dalam standar perlu diperbaharui.
 
"Yang baru dari draf ini meliputi pengelompokan dan pengaturan tanggung jawab keluarga pada pendidikan anak. Mencegah perundungan, mengamanatkan peranan orang tua dalam pendidikan anak hingga standar isi kurikulum PAUD yang dikembangkan jadi kompetensi dasar. Dan anak juga harus mendapat proses belajar untuk mendapat pengalaman," terang Mu'ti.
 
Baca juga:BSNP Uji Publik Standar Baru Pembelajaran Jarak Jauh
 
Untuk Draf Permendikbud tentang Standar Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) merupakan usulan untuk perubahan Permendikbud Nomor 119 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Draf Permendikbud tentang PJJ didesain untuk membangun sebuah sistem pendidikan yang menyeluruh untuk mengantisipasi kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi.
 
Pihaknya ingin menjamin penyelenggaraan PJJ yang lebih berkualitas, sistem manajemen yang memenuhi standar mutu hingga adanya komponen perencanaan, implementasi dan evaluasi PJJ. Serta Ditetapkannya persyaratan utama bagi satuan pendidikan yang akan menyelenggarakan PJJ.
 
"Hingga nanti penilaian PJJ dapat terintegrasi dalam sistem manajemen pembelajaran yang melibatkan peranan orang tua," pungkasnya.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif