Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Covid-19 Ubah Pola Pikir Dosen dan Mahasiswa

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 15 Mei 2020 17:34
Jakarta: Rektor Universitas Yarsi, Fasli Jalal menyebut pandemi virus korona (covid -19) telah banyak mengubah pola pikir insan pendidikan. Pandemi memaksa pola belajar tatap muka ditiadakan.
 
"Kita mesti adaptif, dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membawa kita ke mindest baru yang sebenarnya mendorong kemajuan," kata Fasli dalam koferensi video, Jumat, 15 Mei 2020.
 
Dia pun menjelaskan pergeseran mindset yang terjadi pada dosen. Dosen hari ini bukan lagi sumber tunggal pembelajaran, melainkan hanya sebagai fasilitator.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi mahasiswa mampu belajar sendiri, dosen hanya memberikan arahan," lanjut Fasli.
 
Menurut Fasli, PJJ menyadarkan dosen tak perlu melakukan tatap muka dengan mahasiswa dalam memberikan pelajaran. Instruksi-instruksi di kelas tak lagi terdengar seperti biasa.
 
"Jadi sudah tidak ada kalimat dosen, dengarkan saya. Yang ada coba mahasiswa pikirkan dan lakukan. Dan mahasiswa akan eksplore apa yang akan mereka kembangkan," lanjutnya.
 
Baca: Ilmuwan Beberkan Kendala Pengelolaan Dana Riset di Indonesia
 
Meski begitu, dia berharap mahasiswa bisa lebih bertanggung jawab atas pembelajaran. Mahasiswa juga diminta memiliki sikap selalu haus wawasan.
 
"Karena ada fleksibilitas, saat tak ada dosen mahasiswa bisa memanfaatkan teknologi untuk mencari sendiri pembelajarannya," ujar dia.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif