Ilustrasi Al-quran. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Ilustrasi Al-quran. Foto: Medcom.id/Citra Larasati

Politeknik Bosowa Bebaskan Biaya Kuliah Bagi Penghafal Al-qur'an

Pendidikan pendidikan Beasiswa Pendidikan Vokasi Biaya Pendidikan Politeknik
Antara • 18 Januari 2022 06:07
Makassar:  Politeknik Bosowa (Polibos) Makassar membebaskan biaya kuliah bagi lulusan SMA/SMK sederajat Tahun Akademik 2022/2023 penghafal (hafidz) Al qur'an.  Peluang emas tersebut diperuntukkan bagi Hafidz dan Hafidzah yang hafalannya telah mencapai 30 juz, serta lulus pada tes hafalan Al-qur’an di awal pendaftaran dan setiap semester.
 
"Program ini akan diberikan kepada sejumlah calon mahasiswa yang mendaftar dan lulus seleksi," kata Wakil Direktur I Yoan Elviralita S.ST M.T di Makassar, Senin, 17 Januari 2022.
 
Beasiswa kuliah gratis ini diberikan kepada penghafal Al-qur'an yang pendaftarannya dibuka sejak November 2021 hingga September 2022.  “Jenis program beasiswa Polibos ini adalah beasiswa penuh dari semester 1 sampai semester 6, untuk siswa yang berminat, biaya pendaftarannya tidak dipatok sepeser pun alias gratis,” ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yoan menjelaskan, mahasiswa yang lolos akan memperoleh manfaat berupa bebas uang pangkal sebesar Rp5 juta, bebas biaya semester Rp5 juta khusus hafalan 30 juz dan bebas biaya pendaftaran.  Polibos juga menyediakan beasiswa bagi hafidz dan hafidzah yang menghafal minimal 5 juz dengan beasiswa biaya semester sebesar 3 persen untuk setiap juz yang dihafal.
 
Yoan menyebutkan, terdapat dua materi seleksi terdiri dari tes tulis serta tes wawancara, sehingga ia mengingatkan agar calon peserta saat tes baca Al-qur'an, harus memerhatikan dengan seksama agar bacaannya menjadi lancar.
 
Baca juga:  Potensi Santri Dijaring Melalui Lomba Baca Al-Qur'an
 
Politeknik Bosowa menawarkan lima program studi bagi calon mahasiswa baru yakni Perbaikan dan Perawatan Mesin, Teknik Mekatronika, Teknik Listrik, Perpajakan dan Perhotelan.  Menurut Yoan, peserta didik di sekolah vokasi menghabiskan 70 persen aktivitas mereka untuk praktik.
 
Selain itu, kurikulum dan segala kegiatan yang ada didesain khusus agar lulusannya bisa menjawab kebutuhan perusahaan maupun industri.
 
“Hal-hal inilah yang membuat lulusan vokasi patut berbangga. Bekal luar biasa yang diberikan saat proses pendidikan ini tentu membuat lulusannya punya keunggulan,” ujar dia.*
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif