SIswa tengah belajar daring. Foto: Medcom.id/Muhammad Syawaluddin
SIswa tengah belajar daring. Foto: Medcom.id/Muhammad Syawaluddin

Kuota Internet Gratis, Nadiem Minta Kepala Sekolah Update Nomor HP Siswa

Pendidikan Virus Korona Pembelajaran Daring Subsidi Kuota Pembelajaran jarak jauh
Ilham Pratama Putra • 04 Agustus 2021 18:42
Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali melanjutkan bantuan kuota internet gratis bagi siswa, guru, mahaiswa dan dosen pada September hingga November 2021. Untuk itu kepala sekolah diminta melakukan pemutakhiran data warga pendidikannya mulai hari ini.
 
"Kepala satuan pendidikan perlu segera memutakhirkan, memperbarui data siswa mahasiswa, guru dan dosen, termasuk nomor telepon pada sistem data pokok pendidikan dan pangkalan data pendidikan tinggi," kata Mendikbudristek, Nadiem Makarim dalam Peresmian Lanjutan Bantuan Kuota Internet dan Bantuan Uang Kuliah Tunggal tahun 2021, Rabu 4 Agustus 2021.
 
Pemutakhiran data itu perlu dilakukan agar para siswa, guru, mahasiswa dosen benar-benar mendapatkan bantuan kuota. Selain itu pemutakhiran juga diperlukan mengingat sekolah maupun perguruan tinggi baru saja menerima siswa ataupun mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini harus dilakukan segera, karena tentunya kita masuk dalam tahun ajaran baru, akan banyak murid baru yang harus diisi," lanjut Nadiem.
 
Kepala satuan pendidikan diminta mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) pada vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk PAUD, pendidikan dasar, dan menengah) atau kuotadikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi) selambat-lambatnya pada 31 Agustus 2021.
 
Baca juga:  Bantuan Kuota Internet Kemendikbudristek Kembali Disalurkan September
 
Adapun besaran kuota yang bakal diterima siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ialah sebesar 7 gigabyte (GB) per bulan. Sedangkan siswa jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh volume kuota sebesar 10 GB per bulan.
 
Sementara untuk guru PAUD, guru jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh 12 GB per bulan. Untuk mahasiswa dan dosen, akan memperoleh kuota sebanyak 15 GB per bulan.
 
Bantuan kuota internet ini akan disalurkan mulai September sampai November 2021. Periode penyaluran dilakukan setiap tanggal 11-15 di tiap bulannya.
 
Kuota gratis internet ini berlaku dan bisa digunakan selama 30 hari sejak diterima. Keseluruhan bantuan kuota internet merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang diblokir oleh Kemenkominfo.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif