Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

RS UNS Isolasi 25 Mahasiswanya yang Positif Covid-19

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Citra Larasati • 12 Juli 2020 22:04
Jakarta: Universitas Sebelas Maret (UNS) membenarkan bahwa ada 25 mahasiswanya yang dinyatakan positif virus korona (covid-19). Saat ini seluruhnya sedang menjalani isolasi di RS Pendidikan UNS.
 
Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 RS UNS, Tonang Dwi Ardyanto membenarkan kabar yang beredar di media daring dan media sosial terkait beberapa tenaga kesehatan dan peserta didik Fakultas Kedokteran (FK) UNS yang sedang pendidikan di RS Moewardi terinfeksi covid-19. Mereka adalah mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) UNS.
 
"Iya benar, Kami menerima rujukan dari RS Moewardi untuk 25 sivitas akademika UNS yang sudah diperiksa dan dinyatakan positif covid-19, mereka adalah mahasiswa yang sedang proses pendidikan di sana," kata Tonang kepada Medcom.id, Minggu, 12 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sesuai standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sivitas akademika yang terpapar tersebut kini sedang manjalani isolasi di RS UNS. "Karena ini sivitas akademika UNS, maka diisolasi di RS UNS. Ini memasuki hari kedua, akan diisolasi sampai seluruhnya dinyatakan negatif covid-19," terang Tonang.
 
Tonang memastikan hal ini tidak akan mengganggu kegiatan di kampus UNS. "Karena ini kejadiannya bukan di Kampus dan langsung di isolasi, jadi tidak mengganggu aktivitas di kampus," ujarnya.
 
Tonang menerangkan, sejak awal RS UNS mendapat tugas dari Rektor UNS, Jamal Wiwoho untuk bekerja sama dengan RS Moewardi dalam menjalankan prosedur standar terkait pandemi covid-19. "Khususnya terkait sivitas akademika UNS," kata Tonang.
 
Namun Sabtu, 12 Juli 2020 kemarin, RS UNS menerima rujukan sebanyak 25 pasien positif covid-19 dari RS Moewardi untuk menjalani masa isolasi di RS UNS. Selanjutnya akan dilakukan penanganan sesuai Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dari Kemenkes, bersama-sama dengan FK UNS dan RS Moewardi.
 
RS UNS menjalankan prosedur sebagaimana seharusnya untuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan sebagai bagian dari upaya epidemiologis untuk pencegahan dan pengendalian covid-19. "RS UNS memohon dukungan dan doa dari semua pihak, kiranya kondisi ini dapat ditangani dan diselesaikan dengan sebaik-baiknya," tutup Tonang.
 

(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif