Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam. Foto: Medcom/Ilham Pratama Putra
Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam. Foto: Medcom/Ilham Pratama Putra

Kemendikbud: Mahasiswa Bisa Diberdayakan untuk Pemulihan Perekonomian

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 16 Mei 2020 10:09
Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam menyampaikan mahasiswa bisa diberdayakan untuk pemulihan perekonomian dengan beragam inovasi. Terutama, untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) atau petani yang terdampak virus korona (covid-19).
 
"Dengan hasil hasil riset di perguruan tinggi, bisa terkait pembinaan UMKM, rantai pasok," kata Nizam dalam Webinar Nasional Universitas Andalas bertajuk ‘Riset, Inovasi, Aplikasi untuk Menanggulangi Wabah dan Dampak Covid-19’, Jumat, 15 Mei 2020.
 
Nizam menambahkan mahasiswa juga bisa mengusung platform digital untuk membantu UMKM melakukan pembinaan sampai dengan rantai pasok. Mahasiswa juga bisa membantu jadi penghubung petani, sehingga bisa memudahkan dan meningkatkan perekonomiannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menghubungkan petani dengan pedagang, dengan pemroses. Dengan platform digital yang dikembangkan adik-adik," ujarnya.
 
Baca:Covid-19 Ubah Pola Pikir Dosen dan Mahasiswa
 
Menurut Nizam, pola ini sesuai dengan program Merdeka Belajar yang diusung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Proyek-proyek yang dilakukan mahasiswa tersebut bisa menjadi tugas kuliah. “Ekonomi, sosial, komunikasi bersinergi untuk pemulihan ekonomi,” ucapnya.
 
Keterlibatan mahasiswa dalam pemulihan ekonomi juga bisa mewujudkan link and match yang berujung pada perputaran ekonomi. Keterlibatan mahasiswa pun bisa memberikan umpan balik ke perguruan tinggi, memperbaiki teori, dan menjadi kajian baru yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu.
 
“Itu prinsip Merdeka Belajar, link antara industri, masyarakat dan perguruan tinggi dengan mahasiswa sebagai katalis, mereka dari perguruan tinggi membawa umpan balik ke masyarakat, begitu sebaliknya dari masyarakat ke perguruan tinggi," jelasnya.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif