Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Surya Edukasi Bangsa Foundation Luncurkan Program Beasiswa Pasca Pandemi

Pendidikan beasiswa beasiswa osc
Muhammad Syahrul Ramadhan • 08 Mei 2020 16:53
Jakarta: Surya Edukasi Bangsa Foundation (Sebaf), Lembaga Beasiswa Baznas (LBB), dan Indonesia Scholarship Center (ISC) meluncurkan program Beasiswa Pasca Pandemi (BPP). Program beasiswa ini untuk membantu pelajar yang ekonominya terdampak akibat pandemi virus korona (covid-19).
 
"Surya Edukasi Bangsa Foundation bersama Baznas dan ISC bersatu untuk mengeluarkan program beasiswa pasca pandemi ini, kami mau menyuarakan suara positif pandemi akan berakhir," kata pengurus Sebaf, Herfindo Satria Gading, dalam video konferensi, Jakarta, Jumat, 8 Mei 2020.
 
Herfindo mengatakan pengumpulan donasi untuk program ini mulai dibuka hari ini hingga 18 Juli 2020. Bantuan rencananya mulai disalurkan Agustus mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita berharap ini bisa menolong mereka di masa peralihan, dalam artian tahun ajaran rentan sekali terjadi putus sekolah. Kami berharap semua bisa terbantu," ujarnya.
 
Executive Director Indonesia Scholarship Center, Didin Hidayat menjelaskan mereka yang berhak mendapatkan beasiswa ini ialah siswa kelas IX SMP yang akan melanjutkan SMA/K sederajat. Selain itu, siswa kelas XII SMA/SMK sederajat, yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi dan mahasiswa aktif Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Swasta (PTS).
 
Besaran bantuan untuk siswa SMP sebesar Rp3,5 juta. Sedangkan SMA/SMK Rp5 juta, dan mahasiswa Rp5,5 juta. "Kami menargetkan (beasiswa) bisa diakses oleh mahasiswa syarat IPK 3.0 dan terdampak pandemi," jelas Didin.
 
Program Beasiswa Pasca Pandemi tahap pertama ini diprioritaskan untuk wilayah Jabodetabek. Sasaran penerimanya, yakni anak dari orang tua, atau tenaga medis, yang meninggal karena covid-19, khususnya yang kurang mampu.
 
Siswa yang ekonomi orang tua terdampak pandemi juga diproyeksikan menerima bantuan. Misalnya, anak guru honorer, tukang ojek/ojek online, tukang becak, tukang parkir, serta pekerjaan buruh harian lainnya.
 
Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Arifin Purwakananta mengajak masyarakat bersama membantu pelajar Indonesia yang terdampak pandemi. Sebab, jika dibiarkan, angka putus sekolah bisa meningkat lantaran tidak mampu membayar biaya pendidikan.
 
"Jangan sampai pandemi ini memotong generasi pelajar," ujar Arifin.
 
Masyarakat yang ingin memberikan donasi bisa langsung ke Baznas lewat rekening Bank BNI Syariah dengan nomor rekening 891-301-900-30200-19 atau Bank Permata Syariah di nomor rekening 552-055-99-41 atas nama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)
 
Donasi juga bisa disalurkan ke rekening Bank Mandiri: 165-00-0190384-9 atas nama Yayasan Surya Edukasi Bangsa. Atau, melalui rekening Bank BCA: 5520-5599-41 atas nama Yayasan Pendidikan Beasiswa Indonesia (Indonesia Scholarship Center).
 
Formulir pendataan penerima program Beasiswa Pasca Pandemi bisa diakses di sini
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif