Irjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Chatarina Muliana Girsang. Zoom
Irjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Chatarina Muliana Girsang. Zoom

Kemendikbud: Kekerasan di Sekolah Seolah Jadi Budaya Pendidikan

Pendidikan sekolah Kekerasan di Sekolah
Ilham Pratama Putra • 18 Desember 2020 15:36
Jakarta: Kekerasan di sekolah masih terus terjadi. Bahkan Irjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Chatarina Muliana Girsang menyebut kekerasan telah menjadi budaya dunia pendidikan.
 
Chatarina mengaku heran dengan fenomena kekerasan warga pendidikan semakin membuatnya heran. Jika sebelumnya kerap ditemukan kekerasan antar siswa, kini kekerasan malah melibatkan orang tua siswa.
 
"Ada juga saat ini orang tua memukul teman anaknya, ini fenomena yang mengherankan," kata Chaterina dalam webinar Festifal Hak Asasi Manusia (HAM) 2020, Jumat, 18 Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Inilah yang membuat trend kekerasan di dunia pendidikan sangat mengkhwatirkan. Apalagi jika terdapat pula kekerasan siswa kepada guru.
 
"Semakin banyak yang mengkhawatirkan ada dari guru ke siswa malah siswa ke guru juga ada, lalu orang tua ke guru," lanjutnya.
 
Baca: Kemendikbud Minta Pemda Bentuk Tim Pencegahan Kekerasan di Sekolah
 
Dalam kasus orang tua yang melakukan kekerasan ke guru, dia sebenarnya memahami orang tua mengambil posisi melindungi anak. Namun tentunya hal itu tidak perlu terjadi.
 
"Apalagi sampai orang tua meminta anak untuk membalas perlakuan kekerasan," sambungnya.
 
Untuk itu dia menjadikan tindak kekerasan di sekolah menjadi krusial untuk diselesaikan. Dia berharap segala tindakan kekerasan dapat diminimalisir dari guru.
 
"Karena guru menjadi orang dewasa yang ada disekolah. Guru harusnya bisa memperhatikan beberapa perubahan pada anak sehingga bisa meminimalisisr potensi yang lebih membahayakan. Guru harus bisa mengelola diri sendiri terlebih dahulu agar bisa menjadi orang yang mengantisipasi dan mengamankan sekolah," tutup dia.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif