Digitalisasi sekolah di daerah 3T.  Foto: Kemendikbud/BKLM
Digitalisasi sekolah di daerah 3T. Foto: Kemendikbud/BKLM

Sekolah 3T Bisa Gelar UNBK Berkat Internet Satelit

Pendidikan ujian nasional
Muhammad Syahrul Ramadhan • 15 November 2019 19:54
Jakarta: Internet satelit menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan internet masyarakat di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) Indonesia. Terutama bagi sekolah untuk mengadakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang diterapkan secara merata di seluruh Indonesia.
 
Salah satunya SMAN 1 Tanimbar Selatan, Maluku Barat Daya, Maluku, yang menggunakan internet satelit Ubiqu untuk UNBK 2018 lalu. "Lebih dari 300 siswa dan siswi SMAN 1 Tanimbar Selatan dapat mengikuti ujian berbasis komputer dengan baik,” kata kepala sekolah SMAN 1 Tanimbar Rudolf dalam siaran pers, Jumat, 15 November 2019.
 
Rudolf menuturkan, di sekitar Kabupaten Tanimbar, hanya ada beberapa sekolah yang terpasang layanan internet cepat. Karena itu, ketika ingin menghadapi ujian nasional yang saat ini digelar serentak menggunakan internet, sekolah-sekolah lain yang tidak memiliki sambungan internet akan menumpang ke SMAN 1 Tanimbar Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Sekolah SMAK St. Paulus, Maluku Barat Daya, Abraham Idelfonsius Fatlolon mengatakan, dengan adanya internet satelit, sekolahnya bisa menerapkan kurikulum pendidikan dan keagamaan ini mengalami peningkatan metode pembelajaran.
 
“Awalnya saat mengerjakan tugas, para siswa mesti mengumpulkannya secara manual, yakni tugas yang dikerjakan harus di-print. Kami ingin saat ini mendukung paperless, makanya tugas yang kami berikan wajib dikirim melalui e-mail, tidak lagi menggunakan kertas,” kata Abraham.
 
General Manager Marketing PT Pasifik Satelit Nusantara sebagai penyedia Ubiqu Meidiyanto Andwiputro menjelaskan, Ubiqu berkomitmen untuk selalu menjadi salah satu provider internet yang berkontribusi untuk pendidikan di Indonesia.
 
“Kami senang dapat menjadi bagian peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Ujian nasional dengan menggunakan internet yang semula menjadi hal yang mustahil dapat terbantu dengan adanya internet satelit yang tersedia meski di daerah luar jaringan seperti wilayah 3T. Untuk itu, kami akan selalu hadir demi dan untuk masyarakat sehingga digital gap di Indonesia semakin berkurang,” tutup Meidiyanto.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif