Pendiri Ruangguru, Belvan Devara. Medcom.id/Intan Yunelia.
Pendiri Ruangguru, Belvan Devara. Medcom.id/Intan Yunelia.

Aplikasi Ruangguru Tawarkan Tiga Fitur Terbaru

Pendidikan Metode Pembelajaran
Intan Yunelia • 10 Juli 2019 14:34
Jakarta: Aplikasi Ruangguru bulan ini akan berusia lima tahun. Beda dengan tahun sebelumnya, di 2019 ini Ruangguru akan menawarkan fitur-fitur terbarunya untuk memuaskan para pengguna aplikasinya.
 
Pendiri Ruangguru, Belvan Devara mengatakan, mulai 2019 ini di Ruangguru akan mengeluarkan aplikasi smart recommendation. Fitur ini untuk mendeteksi otomatis kekurangan dan kelebihannya anak dalam proses belajar.
 
“Di fitur itu, sambil ngerjain soal dan bank soal tadi itu mendeteksi otomatis anak ini kurangnya di bagian mana sub topik mana, topik mana dan mana yang sudah bagus," ujar Belvan saat Konferensi Pers Ulang Tahun Kelima Ruangguru, di Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Rabu 10 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan begitu, dapat direkomendasikan konten selanjutnya yang harus pengguna aplikasi tonton. "Jadi enggak lagi melihat di perpustakaan yang ada banyak sekali video dan mulai dari mana. Ini perbedaannya,” kata Belvan.
 
Tak hanya itu, fitur kedua yang disiapkan untuk para pengguna adalah Ruangguru Adventure. Fitur ini membuat pengalaman belajar anak terasa seperti sebuah games.
 
Lewat fitur ini, setiap pengguna akan memiliki avatar dan mereka dapat berlomba-lomba mengumpulkan poin dari setiap aktivitas di aplikasi. Poin-poin ini kemudian dapat ditukarkan dengan beragam digital item di dalam aplikasi.
 
“Dan ternyata hal itu sangat sangat efektif bagi anak-anak, karena sekarang anak-anak banyak yang main games.Ini luar biasa penting dan kita include di aplikasi. Sambil belajar sambil bermain. Tahu-tahu sudah belajar sejam dan dua jam enggak terasa,” tutur Belvan.
 
CEO Ruangguru ini juga menjelaskan, fitur ketiga bernama Social Learning. Setiap pengguna dapat saling berinteraksi dan berdiskusi mengenai pelajaran sekolah dengan pengguna lainnya.
 
Pengguna juga bisa berinteraksi dengan guru melalui fitur Live Teaching yang dapat disaksikan di dalam aplikasi. “Anak-anak bisa berdiskusi satu sama lain di dalam aplikasi dan dimasterisasi oleh teacher dari Ruangguru dan bisa follow-follow-an sehingga bisa lebih interaktif belajarnya,” tuturnya.
 
Sebagai bonus, tahun ini video Ruangguru juga akan direvitalisasi. Ruanggguru sudah menyelenggarakan ajang Indonesia Teacher Prize yang diikuti ribuan guru dari seluruh Indonesia. Ajang tersebut guna mencari guru-guru terbaik untuk mengajar di aplikasi Ruangguru.
 
“Jadi ada ada audisi di 18 kota dan audisi online dan pemenangnya sekarang adalah pengajar di Ruangguru. Jadi sudah pasti paling bagus kualitasnya,” pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif