Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Privilese Bersifat Bias, Psikolog Bagikan Cara Bijak Menyikapinya

Pendidikan psikologi anak psikologi kesehatan mental psikologi remaja
Ilham Pratama Putra • 20 Oktober 2021 18:06
Jakarta: Psikolog Anak dan Pendidikan, Nabila Dian Nirmala menyebut privilese atau hak istimewa yang dimiliki seseorang adalah satu hal yang bias. Menurut dia, previlese bisa diciptakan.
 
"Kalau kamu merasa dirimu biasa saja kita harus punya usaha melihat diri tetang keberhasilan yang sudah kita buat sendiri. Jadi sudut pandang mesti digeser," kata dia kepada Medcom.id, Rabu 20 Oktober 2021.
 
Ia mengatakan, hak istimewa bukan hanya tentang memiliki kekayaan dan status. Menurut dia, mampu menyelesaikan masalah diri sendiri dengan kerja keras akan lebih baik ketimbang berharap memiliki privilese.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebab orang yang punya privilese belum tentu kan sudah melakukan banyak hal yang berhasil," sebut dia.
 
Baca: Remaja, Ini Tips Memperkuat Jati Diri
 
Nabila menyebut diskursus mengenai privilese pun harus disikapi dengan bijak. Pertama dengan mengedepankan empati.
 
"Sadari bahwa tak semua orang memiliki privilese itu hidup tanpa masalah. Dan tak semua orang yang kini kesusahan itu hidup tanpa bekerja keras," ungkapnya.
 
Kemudian, pahami konteks privilese itu memiliki banyak bentuk. Dan masing-masing privilese punya signifikansi yang berbeda untuk tiap individu.
 
Ia menambahkan, setiap orang perlu juga menyadari bahwa adanya ketidaksetaraan struktural itu tak baik untuk semua orang. Baik mereka yang memiliki privilese maupun tidak, sama-sama kerap mendulang prasangka dan berujung pada sentimen kelas yang negatif.
 
Lalu, kata dia, Tak perlu umerasa bersalah dan defensif. Ingat, bahwa privilese hadir begitu saja, bukan sesuatu yang kita usahakan atau kita minta.
 
Sisipkan perbincangan tentang bagaimana cara agar akses yang sama-sama menyejahterakan untuk semua. Bukan berpandang  negatif antara yang punya dan tidak punya privilese.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif