Farrel Rizky Budiman, mahasiswa UNS juara lomba video pendek moderasi beragama Kemenag. Foto: Dok. UNS
Farrel Rizky Budiman, mahasiswa UNS juara lomba video pendek moderasi beragama Kemenag. Foto: Dok. UNS

Cerita Farrel, Juarai Lebih dari 100 Lomba Video Selama Jadi Mahasiswa UNS

Pendidikan kementerian agama prestasi mahasiswa UNS Kemenag Mahasiswa Moderasi Beragama
Citra Larasati • 10 Mei 2022 13:30
Jakarta:  Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Farrel Rizky Budiman, mahasiswa Program Studi (Prodi) D-3 Usaha Perjalanan Wisata Sekolah Vokasi (SV) UNS berhasil meraih juara 1 pada Lomba Video Pendek Moderasi Beragama yang diadakan oleh Kementerian Agama (Kemenag).
 
Lomba ini diikuti sebanyak 341 tim dari seluruh Indonesia.  Lomba tersebut dilaksanakan secara daring.
 
Teknisnya, Farrel mengunggah video yang telah diproduksinya di YouTube. Setelah itu, video tersebut dinilai langsung oleh Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengumuman pemenang disiarkan melalui website resmi Kemenag di kemenag.go.id pada Sabtu, 30 April 2022.  Farrel dibimbing oleh Amad Saeroji, seorang dosen di prodinya dan ia mengaku tidak menyangka dapat meraih juara pertama pada ajang bergengsi Kemenag tersebut.
 
“Jujur, saya sendiri kaget karena enggak menyangka banget dari ratusan peserta bisa juara satu tingkat nasional. Tetap bersyukur dan rendah hati,” terang Farrel, dalam siaran pers UNS, Selasa, 10 Mei 2022.
 
Lebih lanjut, Farrel menjelaskan bahwa selama masa kuliah, ia merasa sering mengikuti lomba video. Bahkan, dalam waktu sebulan, ia bisa ikut 30-40 lomba video.  “Memang, saya kerjaannya selama kuliah ikut lomba, khususnya lomba video yang sudah istikamah selama tiga tahun dan setiap bulan bisa ikut lomba video 30-40 lomba. Jadi, ya kebetulan lombanya cukup bergengsi dan merasa tertantang akhirnya ikutan,” terangnya.
 
Farrel juga mengatakan bahwa ia sangat menikmati dalam mengikuti lomba video karena hal tersebut merupakan renjananya. Namun di sisi lain, ia mengaku harus dapat membagi waktu yang baik dengan jadwal kuliah.
 
Walau telah menikmati, awalnya Farrel sempat merasa minder.  “Untuk lombanya sendiri, jujur agak minder dengan peserta lain yang bagus-bagus, namun saya modal yakin aja dan modal pengalaman selama tiga tahun di perlombaan video. Akhirnya, memberanikan diri untuk mengikuti lomba yang cukup bergengsi ini,” jelasnya. 
 
Secara mengejutkan, Farrel mengaku hanya butuh waktu selama empat hari untuk menyelesaikan video yang mengusung tema “Toleransi Beragama dalam Perbedaan” ini. 
“Untuk mempersiapkan lomba tersebut, sangat mengejutkan, hanya empat hari. Satu hari build the ideas, storyboard, timeline, menentukan lokasi. Satu hari shooting dari pagi sampai malam. Dua harinya untuk post production. Cukup cepat untuk lomba yang saingannya banyak sekali dari berbagai kalangan,” jelas Farrel. 
 
Baca juga:  10 Mahasiswa Indonesia Asal Papua Lulus Kuliah di AS Meski Pandemi
 
Farrel mengungkapkan rasa syukurnya karena dapat menjuarai lebih dari seratus lomba video baik di tingkat nasional maupun internasional.   “Saya sangat bersyukur bisa mengikuti dan mengenal lomba video selama kuliah di UNS dan selama kuliah dari semester satu sampai sekarang mau lulus, alhamdulillah dengan izin Allah telah menjuarai 100 lebih lomba video tingkat nasional dan internasional. Sangat senang bisa menjadi bagian dari mahasiswa UNS dengan berbagai pengalaman yang tak terlupakan di kampus UNS,” ungkap Rizky.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif