Ketua Dewan Profesor Unpad, Prof. Arief Anshory Yusuf, PhD, terpilih sebagai Ketua FDGBI 2021-2023. Foto: Dok. Unpad
Ketua Dewan Profesor Unpad, Prof. Arief Anshory Yusuf, PhD, terpilih sebagai Ketua FDGBI 2021-2023. Foto: Dok. Unpad

Guru Besar Unpad Arief Anshory Yusuf Terpilih Jadi Ketua FDGBI 2021-2023

Pendidikan Pendidikan Tinggi Guru Besar Unpad Perguruan Tinggi
Citra Larasati • 26 Juli 2021 18:22
Jakarta:  Ketua Dewan Profesor Universitas Padjadjaran (Unpad), Prof. Arief Anshory Yusuf, PhD, terpilih sebagai Ketua Forum Dewan Guru Besar Indonesia (FDGBI) periode 2021-2023.  Hal ini berdasarkan keputusan hasil Kongres FDGBI 2021 yang digelar secara virtual, Senin, 26 Juli 2021.
 
Arief terpilih sebagai ketua bersama dengan Prof. Dr. Ir. Abubakar, M.S., dari Universitas Syiah Kuala sebagai Wakil Ketua FDGBI 2021-2023. Keduanya langsung dikukuhkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua FDGBI 2021-2023 oleh pimpinan kongres Prof. Dr. Sutyastie Soemitro.
 
“Alhamdulillah, sudah terpilih secara definitif, disahkan, dan dikukuhkan Ketua Prof. Arief Anshory Yusuf dan Wakil Ketua  Prof. Abubakar,” ujar Sutyastie, Senin, 26 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penetapan Arief Anshory Yusuf sebagai ketua FDGBI merupakan implementasi dari anggaran dasar serta hasil kongres serupa pada 2019 silam. Dalam anggaran dasar FDGBI, ketua terpilih forum merupakan ex-officio dari perguruan tinggi yang sudah ditetapkan sebagai Wakil Ketua FDGBI pada kepengurusan sebelumnya.
 
Pada kepengurusan sebelumnya, Prof. Dr. Ir. Mursalim dari Universitas Hasanuddin menjabat sebagai ketua FDGBI 2019-2021, sedangkan jabatan Wakil Ketua FDGBI diisi oleh ex-officio Ketua Dewan Profesor Unpad saat itu, yakni Sutyastie Soemitro.
 
Baca juga:  Konferensi Forum Rektor Indonesia Bakal Digelar Besok, Ini Agendanya
 
Sutyastie menjelaskan, ada tradisi yang sudah berlangsung terkait pemilihan ketua dan wakil ketua FDGBI sejak dibentuk 2017 silam. Tradisi tersebut yaitu ketua dan wakil ketua forum merupakan kombinasi dari dua perguruan tinggi yang berada di pulau Jawa dan luar pulau Jawa.
 
Selain itu, tradisi lainnya adalah perguruan tinggi yang menjabat sebagai wakil ketua akan menjabat menjadi ketua pada kepengurusan berikutnya.
 
“Mudah-mudahan ini merupakan tradisi baik yang dibangun oleh FDGBI untuk kebersamaan antarwilayah dan juga (terjadi) keberlanjutan program-program kepengurusan sebelumnya,” kata Sutyastie.
 
 
Halaman Selanjutnya
Sebagai amanat awal, Ketua dan…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif