Tim robotika UNY. Foto: Humas UNS.
Tim robotika UNY. Foto: Humas UNS.

Robot UNY Juara 1 KRI Kategori Robot Sepak Bola Beroda

Pendidikan prestasi mahasiswa Kompetisi Robot UNY Kontes Robot Indonesia
Ilham Pratama Putra • 18 Oktober 2021 19:12
Jakarta: Robot Mobo Evo dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih peringkat pertama Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Robot tersebut menang dalam kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda.
 
"Mobo Evo meraih peringkat satu pada divisi KRSBI Beroda yang merupakan salah satu kategori baru, dengan mengadopsi pertandingan sepak bola robot tingkat internasional RoboCup Middle Size League yang diselenggarakan sejak tahun 1997," ujar ketua tim Robot Mobo Evo, Krisnan Prabandaru, dalam siaran pers UNY, Senin 18 Oktober 2021.
 
Dia menuturkan jika, persiapan robot tersebut telah dimulai sejak Desember 2020. Robot itu memang sengaa dibangun dan dipersiapkan secara matang untuk kontes tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tim Mobo Evo melakukan persiapan riset dengan membuat lapangan pertandingan, membuat dummy (rintangan di lapangan), membuat gawang, melakukan perawatan robot, memprogram robot dan membuat komponen cadangannya” tutur Krisnan.
 
Pada kesempatan yang sama, manager tim, Annida Khoerun Nisa menyebutkan banyak kendala yang ditemukan tim ketika proses persiapan maupun pelaksanaan kontes robot ini. Diantaranya masalah teknis, soal perbaikan lapangan yang rusak, bahkan terjadi kerusakan komponen robot ketika tiga hari menjelang lomba KRI Nasional dilaksanakan.
 
“Namun semuanya berhasil diatasi berkat dari kerja keras dan kerjasama yang baik dari anggota tim serta dukungan dari keluarga, orang-orang terdekat, dan dosen pembimbing yang sudah membimbing jalannya persiapan tim Mobo-Evo menuju KRI Nasional ini” ujar Annida.
 
Baca: Empat Kali, ITS Juara Umum Bertahan di Kontes Robot Indonesia 2021
 
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNY, Lantip Diat Prasojo merasa bersyukur atas prestasi yang diperoleh tim robot UNY. Dia berharapan kedepan prestasi tersebut dapat dipertahankan bahkan bisa ditingkatkan.
 
"Prestasi ini merupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan bermutu dan infrastruktur inovasi," ungkap Lantip.
 
Robot Mobo Evo ini digawangi ketua tim, Krisnan Prabandaru, manager tim, Annida Khoerun Nisa, dan programmer diantaranya Adlan Nufahaidar, Rizky Syarif Hidayatullah, Bramandha Al Kautsar, Rohsan Nur Marjianto, Ahmad Arif Sultoni, Galih Masykur Aditama. Kemudian di bagian elektronik ada Muhammad Ikhwan Dwiyana, Fregi Nandika Wicaksono, Nur Milati, Dhito Nurfian Putra, Tomi Aditya.
 
Serta bagian mekanik, ada Naufal Dafha Bukhori, Muhammad Hilmi Bandanuji, Alif Muhammad Farras, Muhammad Fahridzotul Ustman. Mahasiswa tersebut didampingi oleh dosen pembimbing Sigit Yatmono.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif