Tokoh pemuda inspiratif Papua Barat Innovation Award, Simon Tabuni. Foto: LPDP.
Tokoh pemuda inspiratif Papua Barat Innovation Award, Simon Tabuni. Foto: LPDP.

Simon Tabuni, Jebolan LPDP Jadi Tokoh Pemuda Papua Inspiratif

Pendidikan kisah inspiratif Beasiswa LPDP
Arga sumantri • 26 Juni 2021 15:08
Jakarta: Kendala kemampuan bahasa Inggris adalah hal paling umum ditemui para pejuang beasiswa mewujudkan mimpinya. Terlebih, bagi mereka yang berasal dari daerah yang jauh dari sorot pembangunan. 
 
Hal sama juga pernah dialami Simon Tabuni, keberhasilan pemuda asal Manokwari menempuh studi lanjut di School of Oriental and African Study (SOAS), University of London, ini tak lepas dari usaha keras pantang menyerah.  
 
Mengutip keterangan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) melalui akun instagramnya @ldpd_ri, Simon beberapa kali mengikuti kompetisi bahasa Inggris meski hasilnya selalu gagal. Meski demikian, kegagalan tersebut justru memotivasi hingga akhirnya Ia mampu menjemput mimpinya untuk studi di Inggris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selepas studi, Ia kembali dan mengabdikan diri untuk masyarakat Papua. Bersama komunitas pemuda bentukannya @papuainspiratif, Ia menginisiasi berbagai program di antaranya Angkat Mama Papua, sebuah gerakan kewirausahaan untuk mengangkat ekonomi mama Papua yang berada di pedalaman. Khususnya, Pegunungan Arfak. 
 
Ia membantu membuka pemasaran yang luas dengan memanfaatkan media sosial @anggi_mart dan mendorong pembuatan produk olahan.
 
Baca: Diana Eviana, Alumnus UNAIR Jadi Kepala Desa di Gresik
 
Ia juga menaruh perhatian pada kemajuan pemuda Papua dengan membentuk Fasilitasi Kreatifitas dan Inovatif Anak Papua (Fastra). Ini merupakan sebuah gerakan yang berupaya mendeteksi dan memfasilitasi talenta-talenta muda Papua. Gerakan ini mendorong potensi diri termasuk hobi atau kesenangan untuk disulap memiliki nilai ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan.
 
Dalam bidang lingkungan, Simon juga membentu program Revitalisasi Taman dan Fungsinya (Remang). Ini jadi sebuah gerakan untuk mengaktifkan kembali taman kota dan merevitalisasi fungsinya. Taman yang selama ini berfungsi sebagai tempat rekreasi semata akan diintegrasikan dengan pengembangan/pemberdayaan ekonomi kecil yang digerakkan oleh masyarakat yang tinggal di seputar taman kota. 
 
Atas segala kontribusi membangun Papua, tahun lalu Simon Tabuni diganjar penghargaan Tokoh Pemuda Inspiratif dalam acara Papua Barat Innovation Award.
 
Ia berharap semakin banyak generasi muda Papua yang terinspirasi dan termotivasi untuk memberi dampak positif untuk Papua.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif