Mahasiswi lulusan IPB University Siti Nabila Triananda. (IPB University)
Mahasiswi lulusan IPB University Siti Nabila Triananda. (IPB University)

Mahasiswa Penjual Roti Jadi Lulusan Terbaik Fakultas Teknologi Pertanian IPB

Pendidikan prestasi mahasiswa Pendidikan Tinggi
Antara • 30 September 2020 20:18
Jakarta: Siti Nabila Triananda, mahasiswi Institut Pertanian Bogor (IPB) University yang menyambi berjualan roti, menjadi lulusan terbaik Fakultas Teknologi Pertanian. Mahasiswi yang sering berangkat kuliah pukul 03.00 WIB itu lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,87.
 
Nabila merupakan mahasiswi Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan. Ia terus menekuni industri bakery semasa kuliah sehingga harus memulai aktivitas hariannya lebih dini.
 
"Saat praktikum terpadu ini kami diminta membuat simulasi perusahaan. Dan pada saat itu, setiap hari berangkat ke IPB University jam tiga pagi menggunakan ojek daring dari rumah untuk mempersiapkan roti yang akan dijual pada pagi harinya," kata Nabila melalui siaran pers IPB, Rabu, 30 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nabila mengaku belajar banyak hal dari pengalaman tersebut, seperti cara menjalankan sebuah usaha, memimpin, kreatif dalam mempromosikan produk, dan lain-lain.
 
Baca:Kisah Lulusan Terbaik IPB yang Sempat Kesulitan Bayar Kuliah
 
Pada Program Studi Teknologi Pangan, kata dia, ada praktikum terpadu. Seluruh mahasiswa dibagi menjadi empat kelompok usaha, dan Nabila masuk ke kelompok bakery.
 
"Kelompok ini mensimulasikan sebuah usaha tetapi dengan skala kecil. Saya mendapatkan amanah sebagai Manager Marketing," ujarnya.
 
Nabila selama kuliah juga belajar mengolah makanan dengan teknologi seperti pembuatan nugget, sari buah, selai, bakso dan lain-lain. Ada juga praktikum evaluasi sensori, yaitu belajar mengevaluasi makanan yang dikonsumsi.
 
Sebagai orang Bogor yang kuliah di IPB University, Nabila memilih untuk tetap tinggal di rumah. Selain kuliah, ia juga aktif di berbagai kegiatan organisasi dan kepanitiaan.
 
"Sehingga hampir setiap hari pulang malam menggunakan ojek daring. Dan esok harinya harus berangkat untuk kuliah lagi yang sebagian besar jadwalnya jam tujuh pagi," ujarnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif