Sekolah tapal batas. Foto: Dokumentasi Eagle Institute.
Sekolah tapal batas. Foto: Dokumentasi Eagle Institute.

Potret Pendidikan di Tapal Batas

Pendidikan eagle documentary Pemerataan Pendidikan
Medcom • 06 Agustus 2020 15:43
Jakarta: Sejak kemerdekaan bangsa Indonesia diproklamirkan pada 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia terus berjuang untuk mencapai cita-cita ideal berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang mengamanatkan kepada negara untuk menjamin keadilan, kemakmuran, dan kesejahteraan rakyat Indonesia.
 
Untuk memperjuangkan kesejahteraan, masih ada jutaan warga Indonesia yang terpaksa menggadaikan hidupnya dengan bekerja ke luar negeri secara ilegal. Di sisi lain, tingkat pendidikan yang rendah, serta kurangnya pengetahuan menjadikan mereka tak mampu bersaing dalam kompetensi global dan hanya menjadi pekerja kasar di negeri orang.
 
Kenyataan di atas mengilhami Suraidah untuk memperjuangkan pemerataan kualitas pendidikan bagi warga Indonesia di Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, yang merupakan salah satu wilayah frontier perbatasan dengan Negeri Jiran, Malaysia. Sekolah Tapal Batas yang Suraidah dirikan menjadi pelopor semangat kemajuan bagi anak-anak Indonesia di perbatasan yang hidup dalam keterbatasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekolah ini menjadi salah satu tempat anak-anak para tenaga kerja Indonesia (TKI) untuk menuntut ilmu di tengah himpitan ekonomi keluarganya.
 
Baca:Rela Menyebrang Sungai Demi Bisa Belajar
 
"Tantangan menyelenggarakan sekolah di sini adalah susah sekali mencari pengajar. Saya sudah sampai mau putus asa tetapi banyak orang yang menyemangati. Ini adalah bagian dari perjuangan," tutur Suraidah.
 
Potret Pendidikan di Tapal Batas
Suraidah, pejuang pendidikan di daerah perbatasan. Foto: Dokumentasi Eagle Institute.
 
Kini, setelah delapan tahun berlalu, perjuangan Suraidah mulai membuahkan hasil. Sekolah tapal batas banyak menerima bantuan baik untuk pembangunan gedung, beasiswa dan lainnya.
 
"Saya ada cita-cita kalau bisa orang Indonesia tidak ada lagi yang bekerja ke sana (Malaysia). Jangan ada lagi yang ke sana, mari kita kembangkan Indonesia menjadi makmur," ungkapnya.
 
Kisah Inspirasi Suraidah dan Sekolah Tapal Batasnya bisa disaksikan selengkapnya pada hari Minggu, 9 Agustus 2020 pukul 10.30 WIB di program Melihat Indonesia Metro TV.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif