Nurul Kamal, putera Aceh penerima beasiswa S1 dan S2 di Jerman. Foto: Zoom
Nurul Kamal, putera Aceh penerima beasiswa S1 dan S2 di Jerman. Foto: Zoom

Putra Aceh Ungkap Kunci Raih Beasiswa di Jerman

Pendidikan beasiswa beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 12 Juli 2020 09:09
Jakarta:  Nurul Kamal menjadi salah satu putra Aceh yang beruntung, karena berhasil meraih beasiswa S1 dan S2 di Jerman. Kamal menyebut, wawancara akhir menjadi penentu dirinya untuk mendapatkan beasiswa Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD).
 
Saat itu, tutur Kamal, pewawancara melempar pertanyaan tentang alasan Kamal ingin kuliah di Jerman. Ia juga ditanya, apa yang akan ia lakukan setelah menyelesaikan studi di Jerman.
 
"Di beasiswa ini, Kita ditanya apa alasan Kita dan apa yang akan kita lakukan untuk bangsa Kita setelah selesai. Dan Saya menjawab, akan membangun pendidikan di Aceh dengan ilmu Saya," beber Kamal dalam Diskusi Daring bertema 'Kiprah Alumni Jerman di Indonesia', Sabtu 11 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya hal itulah yang membuat dirinya terpilih sebagai penerima beasiswa S1 dan S2 di Jerman. Selain itu, tantangan tersulit baginya ialah harus mampu berbahasa Jerman.
 
"Kita harus tahu apa yang disyaratkan dan bisa memenuhi syarat itu. Misalkan Saya, waktu itu berangkat 2009, sembilan bulan sebelum berangkat saya sudah belajar bahasa Jerman," terang dia.
 
Sulit awalnya belajar bahasa Jerman. Namun hal itu harus dilalui Kamal agar bisa berangkat ke negara yang menjadi tujuan pendidikannya itu.  "Untungnya, Kami dipersiapkan dan dibantu untuk kursus sebagai pemenuhan syarat. Selama sembilan bulan kursus dan kami dinyatakan lolos dan akhirnya bisa berangkat," lanjutnya.
 
Saat ini, Master of Science Geotechnique and Infrastructure at Liebniz University of Hannover itu telah kembali ke Tanah Air. Dia konsisten dengan janjinya ketika diwawancara.
 
Kamal kemudian membangun taman baca di lingkungan tempat tinggalnya.  "Di rumah Saya saat ini cukup banyak buku bacaan dan anak-anak di Aceh sering datang ke sini," lanjut Kamal.
 
Kamal sendiri saat ini telah menjadi Project Engineer di PT Pupuk Iskandar Muda. Bagi Kamal, semua anak muda di Indonesia bisa mendapatkan beasiswa.
 
"Semua Kita tinggal mencari peluang, mengejar target dari apa yang disyaratkan dan banyak-banyak mencoba. Karena peluang beasiswa itu banyak sekali yang tersedia, kalau Kita mau mencari," pungkasnya.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif