Mendikbudristek, Nadiem Makarim saat bermalam bersama orang rimba. Foto: Dok. Kemendikbudristek
Mendikbudristek, Nadiem Makarim saat bermalam bersama orang rimba. Foto: Dok. Kemendikbudristek

Nadiem Menginap Bersama Orang Rimba Saat Kunjungan Kerja di Jambi

Pendidikan Nadiem Makarim Merdeka Belajar Kemendikbudristek
Antara • 22 September 2021 20:05
Jambi:  Setelah bermalam di rumah guru saat kunjungan kerja di Yogyakarta, kini Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim kembali bermalam bersama orang rimba di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, saat kunjungan kerja ke Jambi.
 
Nadiem bermalam bersama orang rimba di Kantor Lapangan Warsi pada Selasa, 21 September 2021 malam. Nadiem berinteraksi dengan anak-anak rimba yang juga tinggal di kantor lapangan, mengajak mereka bercengkerama dan juga menghadirkan suasana hangat bagi anak-anak rimba.
 
Dalam kunjungannya itu, Nadiem melihat langsung Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Bungo Kembang yang juga didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk anak-anak orang rimba di daerah itu. Nadiem turut menerima hasil karya anak rimba yang mengikuti kelas keterampilan berupa baju kaos yang bertuliskan "kamia ndok tokang baco tuliy" yang artinya kami ingin bisa membaca dan menulis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu Nadiem turut menerima kerajinan karya anak rimba berupa kalung sebelit sumpah, anyaman rotan dan juga kotak tisue dari kulit kayu ipuh.
 
Saat bermalam bersama orang rimba, Nadiem turut mendengarkan keluh kesah orang rimba dalam memperjuangkan pendidikan untuk anak-anak mereka. Pendidikan anak rimba tersebut dilakukan dalam dua bentuk berupa pendidikan nonformal, dengan cara mengunjungi kelompok.
 
Baca juga:  Nadiem Tengok Pendidikan Suku Anak Dalam di Jambi
 
Dalam proses pembelajaran materi pendidikan disesuaikan dengan alam mereka. Misalkan untuk pelajaran berhitung dilakukan dengan cara menghitung pohon, menulis dan membaca juga didekatkan dengan apa yang mudah mereka pahami.
 
Selanjutnya, bagi anak rimba yang sudah mahir dan adanya dukungan dari orang tua mulai dijembatani ke sekolah formal. Kolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan pihak sekolah menjadi sangat penting bagi kelangsungan pendidikan anak-anak orang rimba.
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif