Mahasiswa Undiksha. Foto: Dok Antara.
Mahasiswa Undiksha. Foto: Dok Antara.

Ciptakan Media Pembelajaran Tunagrahita, Mahasiswa Undiksha Sabet Juara WSEEC

Pendidikan inovasi Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian Perguruan Tinggi
Antara • 22 Juni 2021 11:36
Singaraja: Tim mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, meraih juara pada ajang World Science, Environment, and Engineering Competition (WSEEC). Mereka menciptakan media pembelajaran untuk tunagrahita.
 
Ketua tim Andika Pradnyana menerangkan, ajang yang diselenggarakan oleh Jakarta Global University pada 17-20 Juni 2021 itu diikuti peserta dari 21 negara di Asia dan Eropa. Tim Undiksha menampilkan karya inovasi Animasi 3D : Media Pembelajaran Animasi Matematika untuk Siswa Disabilitas. 
 
Ia mengatakan inovasi ini adalah pengembangan media pembelajaran untuk anak tunagrahita. Di dalamnya terdapat materi pembelajaran matematika, permainan ular tangga, dan kuis pembelajaran tebak gambar, dan cerdas cermat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tujuan media ini untuk meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam belajar di masa pandemi," kata Andika di Singaraja, Bali, Selasa, 22 Juni 2021.
 
Baca: Rastini, Guru Tunanetra yang Jadi Lentera Bagi Siswa ABK
 
Menurut dia, pembuatan media pembelajaran untuk anak tunagrahita tidak lepas dari kesulitan pada guru dalam menyampaikan materi, terlebih di masa pandemi covid-19. Selain itu, inovasi ini juga sebagai bentuk dukungan untuk pemerataan layanan pendidikan.
 
"Kami sebagai mahasiswa Undiksha dicetak sebagai tenaga pendidik dan diajarkan untuk peduli terhadap masyarakat. Inovasi ini sebagai wujud pengabdian kami terhadap masyarakat khususnya di bidang pendidikan," ujarnya.
 
Ia mengatakan inovasi ini sudah sempat diuji coba secara terbatas dan hasilnya efektif untuk media pembelajaran. Uji coba lanjutan rencananya kembali dilakukan untuk melihat lebih dalam respons siswa.
 
 
Halaman Selanjutnya
"Butuh waktu dua minggu untuk…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif