GeNose C19. Foto: Dok UGM.
GeNose C19. Foto: Dok UGM.

Berkontribusi Tangani Pandemi, GeNose Terima Anugerah Indonesia Award 2021

Pendidikan Virus Korona inovasi covid-19 pandemi covid-19 UGM GeNose UGM
Arga sumantri • 26 November 2021 20:40
Jakarta: GeNose C-19 terpilih menerima anugerah Indonesia Award 2021 dari kategori Outsanding Professional Contribution yang diselenggarakan salah satu televisi swasta. Penghargaan ini disampaikan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono kepada tim GeNose C-19 UGM yang diwakili oleh Ahmad Kusumatmadja pada Rabu, 24 November 2021.
 
Juru bicara tim GeNose, Saifudin Hakim mengatakan, GeNose C-19 terpilih dalam segmen penghargaan nasional bersama dengan empat figur nasional lainnya. Penghargaan ini diberikan atas inisiatif menghadirkan alat skrining covid-19.
 
"Yang efektif, efisien serta kredibel dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia di tengah merebaknya wabah pandemi covid-19," kata Saifudin, dikutip dari siaran pers Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat, 26 November 2021.
 
Baca: Tim Peneliti: GeNose Masih Digunakan Sektor Kesehatan dan Korporasi
 
Hakim mengatakan, sejak mendapatkan izin edar pada Desember 2020 lalu, GeNose C-19 terus dikembangkan, terutama terkait perangkat lunak kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Dengan adanya update AI tersebut, diharapkan akurasi GeNose C19 akan lebih baik.
 
GeNose C-19 merupakan alat deteksi covid-19 melalui embusan napas yang dikembangkan oleh Kuwat Triyana dan tim. Alat ini mampu mengidentifikasi virus korona dengan mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) dari orang yang terinfeksi covid-19 dalam waktu yang relatif cepat, yakni sekitar 2 menit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif