Nur Afdhaliah penghafal Alquran 30 juz mendapat beasiswa di UMI. Foto/Dok.UMI
Nur Afdhaliah penghafal Alquran 30 juz mendapat beasiswa di UMI. Foto/Dok.UMI

Hafizah 30 Juz Dapat Beasiswa di Kedokteran UMI Makassar

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 30 Agustus 2019 17:32
Makassar: Sempat terkendala biaya kuliah, Nur Afdhaliah akhirnya bisa berkuliah di Fakultas Kedoketeran Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar secara gratis. Afdhaliah berhasil meraih beasiswa binaan, berkat kemampuannya menghafal 30 juz Alquran.
 
Hafizah 30 juz ini merupakan salah satu dari 140 mahasiswa yang menerima beasiswa mahasiswa binaan. Berkat beasiswa itu Afdhaliah digratiskan SPP (Sumbangan Pembangunan Pendidikan) dan BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan).
 
Afdhaliah yang sudah hafal 30 juz sejak usia 16 tahun ini, memang mempunyai catatan prestasi yang apik. Mulai dari Juara 1 Hifdzil Qur’an 30 Juz Tingkat Sulawesi Tengah saat umur 16 tahun, Juara IMusabaqah Kitab Kuning, tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan Juara II Tafsir Bahasa Arab tingkat Provinsi Sulsel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Alhamdulillah, saya sudah khatam hafal Qur’an 30 juz. Bisa hafal 30 juz selama satu tahun tujuh bulan saat bersekolah dan menjadi penghafal Alquran di Pesantren Darul Aman, Makassar," kata Afdhaliah.
 
Wakil Rektor I UMI sekaligus Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2019/2020, Hanafi Ashad mengatakan, berdasarkan pantauan tim seleksi Afdhaliah mengikuti seluruh rangkaian tes yang diberikan, namun mempunyai hambatan dalam pembiayaan. Kemudian berdasarkan catatan prestasi yang dimiliki Afdhaliah disarankan mengikuti seleksi mahasiswa binaan.
 
"Ketika ditelusuri rekam jejak prestasinya, ia merupakan hafizah 30 juz, sehingga kami beri kesempatan untuk ikut seleksi mahasiswa binaan. Alhamdulillah seluruh rangkaian proses seleksi juga bisa ia lalui dan dinyatakan lolos sebagai penerima mahasiswa binaan bersama 140 penerima mahasiswa binaan yang tersebar di sembilan Fakultas di lingkup UMI," tandasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif