Stafsus Presiden Jokowi sekaligus CEO Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara.  Foto:  Medcom.id/Ade Hapsari Lestarini
Stafsus Presiden Jokowi sekaligus CEO Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara. Foto: Medcom.id/Ade Hapsari Lestarini

Bos Ruangguru Donasikan Gajinya Sebagai Stafsus

Pendidikan Kabinet Jokowi-Maruf beasiswa osc
Intan Yunelia • 10 Desember 2019 15:03
Jakarta: Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Adamas Belva Syah Devara akan mendonasikan gajinya setiap bulan untuk amal. Gajinya yang mencapai Rp50 juta itu akan disalurkan melalui program bernama CiptaNyata.
 
“Saya akan memberikan seluruh gaji yang saya terima setiap bulan sebagai Staf Khusus Presiden (setelah pajak) melalui program baru bernama CiptaNyata. Setiap bulan, tim relawan CiptaNyata akan memilih dua peserta untuk mendapatkan bantuan pendanaan masing-masing Rp20 juta untuk mengembangkan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)-nya,” kata Belva dikutip dari akun Instagram @belvadevara, Selasa, 10 Desember 2019.
 
Lulusan Harvard Business School ini menyebutkan, gaji yang diberikan ini bukan pinjaman melainkan grant (pemberian) modal. Program ini tahap awal akan dikembangkan selama enam bulan dan untuk kemudian dievaluasi kembali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ini bukan berupa pinjaman melainkan murni grant (pemberian) sebagai bantuan modal,” ujar Belva.
 
Ia mengakui, terinspirasi dengan pengalaman pribadinya tentang bagaimana sulitnya mendirikan sebuah usaha. Seperti aplikasi Ruangguru yang dulunya hanya memiliki satu orang karyawan hingga saat ini mencapai 4.000 orang.
 
“Pengalaman ini menyadarkan saya sulitnya mendapatkan modal dan kurang tersedianya mentor dalam merintis usaha. Walau demikian, perjuangan kami di Ruangguru meyakinkan saya bahwa kegiatan wirausaha yang bermisi sosial mampu memberikan dampak yang berkelanjutan kepada masyarakat luas,” papar Belva.
 
Belva berharap, dengan program ini mampu membantu para pengusaha yang terkendala dana dan model. Terkhusus bagi pengusaha muda agar tak mudah menyerah dengan usaha yang tengah dikembangkan.
 
“Saya berharap program CiptaNyata ini dapat menjadi benih perjalanan usaha jangka panjang dan berkelanjutan bagi UMKM, dan menjadi inspirasi bagi pengusaha pemula lainnya,” tuturnya.
 
Pendaftaran program CiptaNyata fase pertama akan fokus pada tema fashiondan akan dibuka sampai tanggal 22 Desember 2019. Peserta dapat mengunggah proposal usaha serta video untuk menjelaskan bidang usaha tersebut melalui website www.ciptanyata.com
 
Pemenang yang terpilih nantinya juga diwajibkan untuk membuat 2x video perkembangan bisnisnya yang akan diunggah di situs CiptaNyata. Video tersebut juga berfungsi sebagai pertanggungjawaban pemenang sekaligus mendorong mereka menjadi role model, menyebarkan ilmu yang didapat kepada masyarakat luas. "Untuk informasi lebih lengkap, teman-teman dapat melihat detailnya di IG @ciptanyata dan www.ciptanyata.com," tutup Belva.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif