Christian Evan Chandra, mahasiswa Ilmu Aktuaria, FMIPA UI. Foto: UI/Humas
Christian Evan Chandra, mahasiswa Ilmu Aktuaria, FMIPA UI. Foto: UI/Humas

Mahasiswa UI Raih Beasiswa Berkat Rancangan Asuransi Mobil Listrik

Pendidikan beasiswa Pendidikan Tinggi
Citra Larasati • 12 Mei 2020 13:01
Jakarta: Christian Evan Chandra, mahasiswa Ilmu Aktuaria, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia (FMIPA UI) meraih juara Asia Region Casualty Actuaries (ARECA) Actuarial Scholarship. Berkat capaiannya itu, Christian berhasil menjadi salah satu mahasiswa program pendidikan sarjana Aktuaria di Asia Pasifik yang berhak meraih beasiswa.
 
Cev sapaan akrab Christian membuat karya tulis berjudul Electric Cars to Reduce Global Warming in Jakarta : Learning Its Additional Hazard on Motor and Property Insurance. Tema besar karya tulis telah ditentukan, berkaitan dengan upaya penanganan dampak perubahan iklim yang terjadi di negara peserta.
 
Sekaligus peran peserta sebagai seorang aktuaris yang mengantisipasi kemungkinan perubahan terhadap kebutuhan asuransi. Cev mencoba memformulasikan produk asuransi yang tepat untuk memberi perlindungan kepada hal-hal yang terdampak perubahan iklim tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Fadillah, Langganan Juara Lomba Alquran Asal Sumbawa Barat
 
Melalui karya tulisnya, mahasiswa berusia 21 tahun ini menuangkan gagasan tentang keunggulan dan kelemahan penggunaan mobil listrik sebagai solusi mengurangi pemanasan global di Indonesia. Kemudian ditambah cara seorang aktuaris mempersiapkan produk asuransi yang tepat bagi pengguna mobil listrik.
 
Dengan demikian, pengguna mobil listrik dan pihak asuransi dapat saling menguntungkan melalui produk asuransi tersebut. "Saya juga memasukkan keunggulan dan kelemahan mobil listrik ke dalam formulasi produk asuransi yang tengah dirancang,” ujar Cev.
 
Lebih lanjut, kata Cev, terkait petunjuk teknis untuk merancang produk, beserta formulasi harga, hingga rincian regulasinya, tidak dapat dipaparkan lebih mendalam. Hal itu karena berkenaan dengan kerahasiaan data dari pihak perusahaan asuransi serta hak publikasi terhadap pihak penyelenggara.
 
Pencapaian Cev membuktikan, seorang mahasiswa jurusan ilmu aktuaria harus kritis dan memiliki sensitifitas terhadap hal-hal yang terjadi secara nasional maupun global. Perkembangan tersebut yang memungkinkan terjadinya perubahan pada kebutuhan, dan proses bisnis industri asuransi di masa mendatang.
 
“Hal tersebut merupakan bekal saya untuk melangkah menjadi ahli aktuaris yang mampu mengimbangi persaingan global di industri asuransi atau bidang-bidang lain yang mengandalkan peran penting aktuaris,” kata Cev.
 
Dekan FMIPA UI, Rokhmatuloh menyambut baik prestasi Cev. "FMIPA UI terus mendorong dan memberikan dukungan penuh kepada seluruh mahasiswa berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik," ujar Rokhmatuloh.
 
Sebagai penyemangat dan motivasi kepada para mahasiswanya, Ia juga menjamin bahwa setiap mahasiswa berprestasi, baik di tingkat nasional, maupun internasional, akan mendapat penghargaan khusus dari FMIPA UI. “Bagi mahasiswa akan mendapatkan award khusus dari FMIPA UI agar mahasiswa terpacu menampilkan prestasi tertinggi yang mereka miliki di event-event yang mereka ikuti,” imbuhnya.
 
ARECA selaku penyelenggara merupakan afiliasi dari CAS (Casualty Actuarial Society) yakni asosiasi profesional asuransi umum, untuk wilayah Asia Pasifik. ARECA bergabung dengan 17 Afiliasi Regional CAS lainnya di seluruh dunia sebagai penyedia pendidikan berkelanjutan berkualitas tinggi untuk anggota CAS.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif