Juara pertama Kompetisi Layar Radio Mahasiswa 1
Juara pertama Kompetisi Layar Radio Mahasiswa 1

Kompetisi Layar Radio Mahasiswa 1 Lahirkan Penyiar Baru

Pendidikan prestasi mahasiswa Pendidikan Tinggi
Kautsar Halim • 06 Desember 2019 21:13
Jakarta: Zaman boleh berganti, tapi nyatanya radio masih mampu bertahan hingga kini. Tak hanya radio dengan modulasi frekuensi (FM) saja yang eksis di kalangan millenial, kini di era digital mulai bermunculan radio berbasis streaming yang menggunakan internet untuk bersiaran.
 
Salah satu yang menggunakan format streaming adalah radio kampus. Cara mendengarkan yang praktis, deretan musik indie, gaya penyiar yang kekinian, serta konten yang sangat sesuai dengan gaya hidup mahasiswa tampaknya jadi daya tarik tersendiri.
 
Tak sekadar jadi pendengar, banyak di antara mahasiswa tersebut yang justru tertarik menjadi penyiar. Faktanya, tak sedikit jebolan radio kampus yang berhasil menjadi penyiar di radio ternama Tanah Air, sebut saja Reza Alqadri (Mustang FM), Sigi Savero (Mustang FM) dan Sahil Mulachela (Jak FM).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut survey Nielsen di 11 kota besar Indonesia sepanjang 2016 hingga 2018, penetrasi radio memang turun perlahan dari 37,6% menjadi 34,3%. Namun, data pada 2019 menunjukkan ada kenaikan menjadi 36,3%.
 
Berdasarkan fakta-fakta tersebut, sebagai bentuk nyata dukungan terhadap pemberdayaan generasi muda khususnya mahasiswa se-Indonesia, ARENA.id mengadakan Kompetisi Layar Radio Mahasiswa 1.
 
“Selain memfasilitasi millennial yang bercita-cita terjun di dunia penyiaran, melalui acara ini kami sekaligus mengenalkan cara baru menikmati siaran radio yaitu melalui video livestream. Kami memahami kebutuhan para pendengar yang ingin secara langsung melihat kegiatan penyiar favoritnya saat tengah bersiaran secara live,” ungkap Indira B. Widjonarko, Founder ARENA.id.
 
Kini, kompetisi yang dimulai pada 17 Agustus 2019 itu resmi ditutup dan terdapat lima tim dengan perolehan nilai tertinggi. Berikut daftar pemenangnya:
 
- Peringkat pertama dimenangkan oleh wakil dari Universitas Multimedia Nusantara melalui program Jerit Malam.
 
- Posisi kedua direbut perwakilan Universitas Gunadarma melalui program Bahenol.
 
- Posisi ketiga diraih perwakilan Telkom University melalui program Sinesia.
 
- Posisi keempat ditempati perwakilan Universitas Padjadjaran melalui program Deadlinerd.
 
- Posisi kelima diduduki perwakilan Telkom University yang mengusung program Brokoli.
 
- Terdapat satu pemenang hiburan yaitu, perwakilan Universitas Diponegoro melalui program Kopi X Susu.
 
Indira kembali mengutarakan, “Setelah menonton dan berinteraksi dalam program yang dibuat oleh masing-masing tim peserta Kompetisi Layar Radio Mahasiswa 1, kami sadar bahwa millenial di Indonesia sesungguhnya punya kreativitas dan potensi luar biasa. Kami juga lega dan senang ARENA.id bisa jadi wadah yang tepat bagi para mahasiswa untuk menyalurkan aspirasinya,” tutur Indira.
 
Diakui pula oleh para peserta, selain mengasah keterampilannya sebagai broadcaster, kompetisi
ini juga berhasil menstimulasi kreativitas, rasa percaya diri, team work, hingga manajemen waktu.
 
Tak hanya itu, mereka pun kian bijak bermedia sosial sehingga keterampilan sebagai broadcaster terasah dengan maksimal. Dengan demikian, cita-cita sebagai penyiar makin dekat terwujud.
 
Program Layar Radio karya seluruh peserta telah disiarkan secara nasional dengan format berupa live streaming video interaktif (hosted live) pada masing-masing channel mereka di ARENA.id. Berbagai challenge yang diberikan sepanjang kompetisi membuat peserta dituntut untuk keluar dari zona nyaman dan menciptakan sebuah program yang anti-mainstream.
 
“Pada akhirnya, kompetisi ini bukan lagi sekadar menang dan kalah atau berapa besar hadiah yang diperoleh. Selain memunculkan talenta-talenta baru di dunia broadcasting, lebih dari itu ARENA.id beserta perwakilan mahasiswa se-Indonesia turut menjaga keutuhan Indonesia melalui konten- konten positif yang disiarkan,” tutup Indira.
 

 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif