Institut Teknologi Bandung (ITB) juara umum Kompetisi Nasional MIPA 2021. Foto; Dok ITB.
Institut Teknologi Bandung (ITB) juara umum Kompetisi Nasional MIPA 2021. Foto; Dok ITB.

ITB Jadi Juara Umum Kompetisi Nasional MIPA 2021

Pendidikan prestasi mahasiswa Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi ITB
Arga sumantri • 02 Agustus 2021 22:10
Bandung: Institut Teknologi Bandung (ITB) memborong 18 medali dalam Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) 2021. Raihan ini menempatkan ITB sebagai juara umum KNMIPA 2021.
 
Mengutip laman ITB, Selasa, 3 Agustus 2021, ada empat mahasiswa yang meraih medali pada bidang matematika. Mereka ialah Kinantan Arya Bagaspati (emas), Abdillah Ahmad (emas), Reynald Saputra (perak), dan Aditya Dwianto (perunggu). 
 
Sementara, ada lima mahasiswa peraih medali pada bidang kimia. Mereka yaitu Azarya Adirama (emas), Mark Soesanto (emas), Bayu Dwiputra (perak), David (perak), Muhammad Rafli Fadhilah (perunggu).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bidang fisika juga memiliki lima peraih medali. Mereka yaknih Bryan (emas), Arkananta Rasendriya (perak), Dharma Prasetya Permana (perunggu), Muhammad A’an (perunggu), Aulia Anshari Rahman (perunggu). Sementara pada bidang biologi, ada empat peraih medali, yaitu Christopher Chandra (emas), Amalia Alita Fananda (emas), Alfred Patisenah (perak), Josefanny (honorable mention).
 
Segenap sivitas akademika ITB lantas mengucapkan selamat kepada para medalis KNMIPA 2021. Mereka juga mengapresiasi Anju sebagai salah satu mahasiswa ITB yang turut berjuang pada bidang biologi. Prestasi ini diharapkan dapat menjadi pemantik prestasi lainnya yang dapat mengharumkan nama almamater.
 
Baca: Cerita Inspiratif Finalis KN-MIPA, Pinjam Komputer Hingga Terapkan Metode Belajar Khusus
 
KNMIPA diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Ini merupakan ajang kompetisi sains tingkat nasional untuk jenjang pendidikan tinggi. 
 
Ajang ini melombakan bidang matematika, kimia, fisika, dan biologi. Seleksi dimulai dari tingkat perguruan tinggi sejak Februari 2021, lalu disaring ke tingkat wilayah hingga berakhir di tingkat nasional.
 
Menyesuaikan situasi pandemi, kompetisi ini diselenggarakan secara daring tahun ini. Seluruh peserta diwajibkan untuk menyalakan kamera selama pelaksanaan seleksi untuk mengurangi kemungkinan tindak kecurangan.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif