Pemenang lomba digital marketing tingkat SMA/SMK. Foto: Dok iSB
Pemenang lomba digital marketing tingkat SMA/SMK. Foto: Dok iSB

3 SMA Ini Sabet Juara iSB Digital Marketing Competition

Pendidikan Prestasi Pelajar digital marketing
Arga sumantri • 26 Oktober 2021 21:16
Jakarta: Tiga sekolah menengah atas (SMA) berhasil menyabet juara dalam lomba  iSB Digital Marketing Competition (iDMC) 2021. Kompetisi digital marketing ini dikhususkan bagi pelajar SMA dan SMK di seluruh Indonesia.
 
Juara pertama diraih SMA Pahoa. Kemudian, juara dua diraih SMAN 15 Surabaya, dan juara 3 diraih SMA Global Sevilla Puri Indah. 
 
"Kompetisi ini digelar sebagai upaya dalam menghadapi revolusi Industri serta mempertajam kemampuan Digital Marketing siswa SMA dan SMK," kata Ketua Penyelenggara Acara iSB Digital Marketing Competition (iDMC), Azalia Imani, Selasa, 26 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menerangkan, perlombaan ini menggunakan sebuah perangkat lunak berbasis simulai yang dibuat salah satu perusahaan aplikasi di Amerika Serikat. Dengan menggunakan software ini, para peserta melakukan simulasi digital marketing di sebuah perusahaan. Mereka harus menentukan berbagai macam keputusan dalam implementasi SEM dan SEO. 
 
"Selain itu mereka juga belajar untuk menganalisa metriks dari tiap ronde yang mereka jalankan," jelasnya.
 
Baca: Membanggakan! Siswa Disabiltas MAN 2 Sleman Raih Prestasi di Ajang Internasional
 
Salah satu siswi SMA Pahoa, Graciella Felica Siada, menyatakan, selama kompetisi ini ia belajar banyak mengenai digital marketing. Mulai dari pengetahuan search engine marketing (SEM), jenis iklan yang dapat diimplementasikan dan juga strategi tepat untuk mengiklankan suatu produk.
 
"Sebelumnya saya sama sekali belum memahami digital marketing, sekarang saya paham bahwa dalam mengiklankan sesuatu banyak tahapan-tahapan yang perlu dilakukan," tutur Graciella.
 
Pelatih Perlombaan iSB, Laras Pratiwi, menambahkan, kompetisi ini bersifat simulasi, namun berkat platform simulasi yang disediakan, siswa dan siswi dapat memahami lebih mudah penggunaan SEM dan juga SEO dalam sebuah perusahaan.
 
"Lomba ini diharapkan mampu menjadi pionir bagi dunia pendidikan untuk bisa bersinergi dengan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan serta kecakapan dari para siswa siswi SMA maupun mahasiswa, sehingga mereka memiliki kemampuan yang cukup," jelas Laras.
 
Sebanyak 37 tim SMA/SMK mengikuti perlombaan ini. Pelaksanaan iDMC terbagi menjadi tiga tahap, yakni awal, seleksi semifinal dan final. Terdapat 8 tim yang lolos ke babak Final meliputi, SMA Stella Maris Gading Serpong, Highfield Secondary School (SMA Highfield), Pahoa, Mondial, SMAN 15 Surabaya,Global Sevilla Puri Indah, SMAK 1 BPK Penabur Bandung,dan SDH Bangka.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif