Google bagikan 5.500 beasiswa untuk pengembangan talenta digital Kemenparekraf. DOK Istimewa
Google bagikan 5.500 beasiswa untuk pengembangan talenta digital Kemenparekraf. DOK Istimewa

Google Bagikan 5.500 Beasiswa untuk Pengembangan Talenta Digital Kreatif

Renatha Swasty • 06 Oktober 2022 10:48
Jakarta: Google Indonesia membagikan 5.500 beasiswa melalui program Google Career Certificates untuk mengembangkan dan meningkatkan nilai pelaku ekonomi kreatif. Beasiswa diberikan bagi peserta pelatihan yang terdiri dari siswa, mahasiswa, maupun umum.
 
Beasiswa ini merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).
 
 “Program Pengembangan Talenta Digital Kreatif ini merupakan kelanjutan dari Baparekraf Developer Day (BDD) dan Baparekraf Digital Talent (BDT) yang sukses diadakan pada 2016-2021 lalu dengan memfasilitasi puluhan ribu pengembang aplikasi dan solusi digital,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, Kamis, 6 Oktober 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sandiaga menuturkan program tersebut merupakan komitmen Kemenparekraf untuk mendukung pengembangan talenta Indonesia sebagai upaya mengaktifkan kembali perekonomian di sektor digital dan kreatif. Dia menyebut pada fase kedua, pihaknya menggandeng Google Indonesia yang memiliki praktisi ahli pada bidang teknologi.
 
“Dan kami yakin mampu menginspirasi dan mendorong peserta untuk membuktikan potensi mereka yang luar biasa,” tutur Sandiaga.
 
Google Career Certificates merupakan program sertifikasi profesional yang dirancang dan dibangun oleh pakar materi pelajaran dan praktisi senior di Google. Setiap program sertifikat profesional telah dibuat untuk membekali pelajar dengan pengetahuan teoritis dan praktis serta keterampilan pemecahan masalah kehidupan nyata agar berhasil dalam pekerjaan tingkat awal.
 
“Kami sangat bangga dapat bermitra dengan Kemenparekraf/Baparekraf karena memiliki kesamaan misi yaitu untuk meningkatkan beragam potensi kreatif terutama terkait teknologi. Ada 5.500 beasiswa yang kami berikan ke Kemenparekraf yang meliputi 3.000 beasiswa Google Career Certificates untuk sertifikat IT Support dan sertifikat Analisis Data; 1.250 beasiswa Android Developer Dasar; dan 1.250 beasiswa Machine Learning Dasar,” papar Country Director Google Indonesia, Randy Jusuf.
 
Pelatihan dimulai pada 7 Oktober hingga 12 Desember 2022. Peserta program akan diberikan materi kursus, tutorial, latihan, pembelajaran berbasis proyek berstandar global, serta dukungan dari mentor, fasilitator, dan forum diskusi online.
 
Sejak diperkenalkan pada Desember 2021, program Google Career Certificates telah memberikan ribuan beasiswa untuk mengasah skill dan belajar ilmu IT. Pada Maret 2022, Google mengumumkan dukungan 2.000 beasiswa IT Support Certificate untuk mahasiswa, dosen, dan staf terpilih Telkom University sekaligus menjadikannya universitas pertama yang menerima beasiswa tersebut.
 
Google juga mengumumkan mitra keuangan mikro baru guna menyalurkan pinjaman senilai USD2 juta untuk UKM di berbagai wilayah yang kurang terlayani. Serta memberikan beasiswa untuk melatih 10.000 orang di Indonesia melalui program Google Career Certificates pada Mei 2022.
 
Baca juga: Telkom University Terima 2.000 Beasiswa IT Support Certificates dari Google

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif