Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Ilustrasi kuliah. Medcom.id

Mengenal Jurusan Event Management, Pecinta Acara Wajib Tahu!

Medcom • 25 April 2022 18:05
Jakarta: Event organizer merupakan sosok di balik suksesnya sebuah gelaran, baik seminar, festival musik, maupun acara berskala besar dan kecil lainnya. Sebab, merekalah yang mengatur perencanaan hingga pelaksanaan gelaran tersebut.
 
Perencanaan itu sejatinya tak bisa dilakukan asal-asalan, melainkan dibutuhkan kemampuan manajerial yang baik. Terlebih ketika pandemi covid-19 melanda, diperlukan gagasan-gagasan baru guna melangsungkan acara yang menarik, tanpa harus bertatap muka.
 
Untuk mempelajari ilmu-ilmu terkait acara, jurusan Event Management bisa menjadi pilihan terbaik. Meski masih terdengar asing, jurusan ini memiliki prospek kerja yang cerah, mengingat industri event kian berkembang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lantas, seperti apa gambaran kehidupan perkuliahan di jurusan Event Management? Melansir laman Quipper, berikut ulasannya:

Mata kuliah yang dipelajari

Salah satu kampus yang memiliki jurusan Event Management ialah Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP). Ini merupakan program S1, sehingga mahasiswa harus menyelesaikan 146 SKS untuk meraih gelar Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par).
 
Kurikulum yang digunakan di kampus MNP diramu berdasarkan kebutuhan industri terkini. Beberapa mata kuliah yang dipelajari antara lain Concert, Cultural Performance, E-sport Event, dan MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition).
 
Selain teori, mahasiswa juga akan mempelajari hal-hal teknis dan nonteknis terkait pelaksanaan event, baik online event, offline event, maupun hybrid. Termasuk, metode branding yang cocok, pendanaan, dan bentuk-bentuk  kolaborasi yang bisa menjadikan event semakin menarik.
Prospek kerja jurusan Event Management
 
Ilmu dan keahlian mengelola event yang diperoleh selama menjalani proses perkuliahan di jurusan Event Management dapat menjadi bekal yang cukup untuk menjalani berbagai pilihan karier.
 
Beberapa karier yang bisa dipilih alumni jurusan ini antara lain:

1. Event organizer

Event organizer adalah orang atau kelompok profesional yang menyediakan jasa mengelola acara, baik formal maupun nonformal. Profesi ini bertanggung jawab terhadap kelancaran penyelenggaraan acara hingga selesai, sesuai target yang diharapkan.

2. Event planner

Event planner adalah individu atau kelompok yang memikirkan konsep, membuat perhitungan keperluan acara (budgeting), dan mempersiapkan hal-hal lain yang menjadi kebutuhan pra-event. Profesi ini biasanya bekerja sama dengan event organizer karena keduanya saling melengkapi.

3. Event coordinator

Event coordinator adalah orang yang bertanggung jawab untuk memastikan semua detail acara terselenggara dengan baik, sesuai alur yang telah dibuat tim event planner.

4. Venue manager

Venue manager merupakan orang yang bertugas menangani tempat penyelenggaraan suatu acara, seperti hotel, resort, dan gedung. Termasuk, menangani pemesanan tempat, melakukan pengawasan, dan hadir saat persiapan hingga pelangsungan acara guna memastikan tempat yang disediakan layak.

Keunggulan jurusan Event Management

Keempat prospek kerja tersebut sejatinya banyak dijumpai saat ini. Bila menilik latar belakang orang-orang yang bekerja di industri event, tak semuanya berasal dari pendidikan formal yang linear.
 
Hal tersebut mungkin akan membuat Sobat Medcom bertanya-tanya. Jika berbagai latar belakang pendidikan bisa bekerja di industri ini, lantas apa keunggulan berkuliah di jurusan Event Management?
 
Menempuh pendidikan bidang event management akan menguatkan personal branding sebagai seorang penyelenggara event yang kompeten. Ini juga bisa menjadi nilai tambah yang membedakan Sobat Medcom dengan sekian banyak praktisi event tanpa latar belakang pendidikan formal bidang terkait.
 
Kondisi dunia event di Indonesia juga kekurangan praktisi event yang bersertifikasi. Padahal, itu merupakan standar penting yang harus dipenuhi sebagai bukti kompetensi seseorang terhadap suatu bidang.
 
Dengan kuliah di jurusan Event Management, Sobat Medcom bakal memperoleh minimal empat sertifikasi kompetensi yang diakui Badan Nasional Sertifikasi Kompetensi Profesi (BNSP), sesuai minat kejuruan yang didalami. (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Intip Serunya Kuliah Jurusan Sastra China di Binus
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif