Ilustrasi. Foto: MI/Gino Hadi
Ilustrasi. Foto: MI/Gino Hadi

Perjuangan Guru di Pandeglang Pastikan Muridnya Belajar Selama Pandemi

Pendidikan guru Virus Korona Hari Guru Nasional Pendidikan Jarak Jauh
Ilham Pratama Putra • 25 November 2020 09:54
Jakarta: Ridwan Syarif memilih mengunjungi anak didiknya selama pandemi lantaran Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) daring kerap menemui kendala. Pengalaman guru SMP 3 Pandeglang, Banten itu mengunjungi siswanya ternyata tak selalu berjalan mulus.
 
Lokasi, hingga medan menuju rumah siswa yang jauh dan menyulitkan tak menyurutkan semangat Ridwan menyambangi para murid. Idan, sapaannya, juga kerap tersesat saat mengunjungi siswanya di rumah.
 
"Susah ya karena cari alamatnya, anaknya di mana rumahnya. Sama akses yang rumah anaknya yang di gunung, itu makin susah karena ditempuh dengan motor. Kalau nyasar itu udah sering kalau mau kunjung," cerita Idan kepada Medcom.id, beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Model guru kunjung ini diterapkkan secara penuh di sekolah tersebut. Meski sulit, para guru di SMP 3 Pandeglang akhirnya menjadikan kunjungan sebagai alternatif utama saat siswa tak bisa belajar daring lantaran kesulitan akses internet dan tidak memiliki gawai.
 
Kebijakan metode guru kunjung disepakati melalui rapat komite sekolah. Siswa yang dikunjungi didata berdasarkan kemampuan dalam mengakses PJJ daring. Semua yang dilakukan didasari rasa ikhlas. Meskipun, kadang saat mengunjungi siswa, anak yang bersangkutan tidak berada di rumah.
 
"Kalau tidak kita datang, sulit untuk kita menilai sosial mereka seperti apa, karakter mereka seperti apa. Guru kan tidak hanya mengajar tapi juga mendidik, itu yang menjadi tantangan," terang Idan.
 
 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif