Kepala Sekolah SMP N 1 Banda kabupaten Maluku tengah, Nurdin Achmad. Zoom.
Kepala Sekolah SMP N 1 Banda kabupaten Maluku tengah, Nurdin Achmad. Zoom.

Sekolah Dibuka, Guru Bertekad Terus Berinovasi

Pendidikan guru Kualitas Guru Sekolah Tatap Muka Kembali Dibuka
Ilham Pratama Putra • 04 Desember 2020 10:41
Jakarta: Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) telah berjalan selama lebih dari sembilan bulan seiring masuknya pandemi covid-19 di Indonesia. Selama kurun waktu itu, para guru dan sekolah telah banyak menghasilkan inovasi pembelajaran.
 
Mulai dari penyesuaian teknologi, hingga menciptakan metode pembelajaran yang menyenangkan. Namun, kurang dari satu bulan lagi, sekolah akan diperbolehkan untuk dibuka.
 
Guru serta murid boleh hadir kembali ke sekolah untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Namun, karena PTM tak bakal berjalan normal di tengah pandemi, guru harus terus melakukan inovasi dan berbagai penyesuaian baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal itu disadari oleh salah seorang guru SMA 1 Lawang, Malang, Jawa Timur, Wenang. Dia bertekad untuk terus melahirkan praktik baik di masa PTM Januari 2021 nanti.
 
"Ayo bapak/ibu guru kita tetap semangat terus berbuat praktik baik, terus berjuang karena kita adalah penopang mereka (murid) untuk kemajuan bangsa Indonesia," kata Wenang dalam Peluncuran Seri Webinar Guru Belajar Persiapan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap 2020/2021, Jum'at 4 Desember 2020.
 
Baca: Jelang Pembukaan Sekolah, Kemendikbud Siapkan Pelatihan Guru
 
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMP N 1 Banda kabupaten Maluku tengah, Nurdin Achmad juga memiliki semangat yang sama. Sekolah harus menjadi tempat yang ramah ketika PTM dijalankan di tengah pandemi covid-19.
 
"Kita harus lebih giat lagi untuk belajar dan mendorong ekosistem sekolah kita menjadi ramah anak dan sekolah dengan merdeka belajar," ujar Nurdin.
 
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan ( GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun bakal menggelar persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk Januari 2021. Guru diberikan pelatihan melalui webinar guru belajar.
 
"Kita memulai sebuah seri baru, seri webinar untuk guru kita bisa belajar, seri webinar guru belajar. Kita mengambil fokus yaitu persiapan PTM semester genap pada Januari 2021," kata Dirjen GTK Iwan Syahril pada kesempatan yang sama.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif