Sekretaris Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Nunuk Suryani. Foto: Zoom
Sekretaris Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Nunuk Suryani. Foto: Zoom

Pendaftar Guru PPPK Diminta Lamar Formasi yang Sesuai Kualifikasi Akademik

Pendidikan Guru Kebutuhan Guru ASN Guru Honorer
Ilham Pratama Putra • 23 Juli 2021 15:46
Jakarta: Sekretaris Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nunuk Suryani menyebut guru pendaftar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) harus menyelaraskan antara formasi yang dituju dengan kompetensi akademiknya. Hal itu guna penataan guru yang sesuai kompetensinya ketika mengajar.
 
"Kewajiban melamar formasi yang linier ini sebenarnya tujuannya dalam seleksi PPPK, ini untuk menata guru kita yang mengajar di mata pelajaran yang sesuai dengan kualifikasi akademiknya," kata Nunuk dalam konferensi pers sosialisasi CASN Kemendikbudristek, Jum'at 23 Juli 2021.
 
Namun nunuk menyadari, jika tak semua guru memiliki sertifikat akademik terkait kompetensi akademiknya. Untuk itu ia memberi afirmasi dengan cara mendaftarkan kualifikasi akademik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sering muncul misal guru sejarah punya pendidikan S1 Sejarah tapi yang ditawarkan itu formasi geografi. Nah di tabel kualifikasi sejarah itu bisa linier untuk geografi," ungkapnya.
 
Baca juga:  Pendaftaran Seleksi Guru PPPK Diperpanjang Hingga 26 Juli
 
Tinggal bagaimana guru mencocokkan dengan tabel kualifikasi akademik. Tabel itu sudah disediakan oleh pihaknya melalui surat edaran Dirjen GTK.
 
"Apa saja yang linier yang prodi-prodi saya bisa ngajar apa. Jadi kalau tidak linier memang tidak tersedia," tegasnya.
 
Dia menyampaikan, tabel itu dapat dilihat pada laman website Info GTK. Guru pun bisa melakukan verifikasi dan validasi kualifikasi akademik mereka sebelum mendaftar di laman SSCN BKN.
 
"Itu masih bisa dilayani, masih ada kesempatan melalui info GTK. Jadi di situ ada proses verval (verifikasi dan validasi), di situ bisa mencocokkan dan memvalidasinya dengan edaran yang kita punya," ujar Nunuk.
 
Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi memperpanjang pendaftaran seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021. Pendaftaran masih dibuka hingga 26 Juli 2021.
 
Kebijakan ini termuat dalam surat BKN Nomor 6201/B-KS.04.01/SD/K/2021 perihal Penyesuaian Jadwal Tahapan Pelaksanaan Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2021. Kebijakan ini disebut untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat mengikuti seleksi calon ASN.
 
"Maka dari itu perlu dilakukan perpanjangan masa pendaftaran dan penyesuaian jadwal tahapan pelaksanaan seleksi Calon ASN Tahun 2021," bunyi surat resmi yang diterbitkan BKN tertanggal 19 Juli 2021.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif