Ilustrasi guru. MI/Gino Hadi
Ilustrasi guru. MI/Gino Hadi

Dijejali Banyak UU, Guru Tak Merdeka Bernapas

Pendidikan pendidikan Guru Kebijakan pendidikan Kemendikbudristek PGRI
Ilham Pratama Putra • 29 April 2022 18:33
Jakarta: Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi mengatakan saat ini terlalu banyak undang-undang yang mengatur terkait Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), termasuk bagi guru. Unifah menyebut banyaknya undang-undang tak bagus.
 
"Misal, saat butuh guru baru, itu ada yang disebut dengan UU Pendidikan Tinggi tapi Kalau rekrutmen itu ada UU ASN. Terus gimana mendistribusikan guru itu diatur UU Pemda. Tapi begitu sertifikasi pakai UU Guru dan Dosen," kata Unifah dalam siaran YouTube bertajuk Pendidikan Karakter Utuh, Jumat, 29 April 2022.
 
Unifah menyebut melihat setumpuk aturan tersebut membuat guru menjadi terikat. Sehingga, tak ada keleluasaan bagi guru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehingga guru hanya indah dipidatokan. Kemerdekaan itu enggak ada sama sekali apalagi kemerdekaan dalam akademi dia sebagai guru profesional," tutur dia.
 
Hal ini, kata dia, bedampak pada capaian siswa di kelas. Unifah mengatakan banyak aturan yang begitu kompleks membuat guru tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.
 
"Kenapa nilai kita rendah karena memang guru itu begitu kompleks, guru yang sejatinya didorong profesional itu diatur beragam macam peraturan yang menyebabkan dia sulit bernapas," tutur Unifah.
 
Baca: Merancang Pembelajaran Matematika Harus Perhatikan Tingkat Berpikir Siswa
 
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif