Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Update: Baru 3,2 Juta Pendidik dan Tenaga Kependidikan Divaksinasi

Pendidikan Guru Virus Korona vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Pembelajaran Tatap Muka
Arga sumantri • 24 Juni 2021 11:54
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan, sudah ada sekitar 3,2 juta pendidik dan tenaga kependidikan yang sudah menjalani vaksinasi covid-19. Jumlah ini tergolong masih rendah.
 
Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Jumeri memerinci, untuk vaksin tahap pertama, sekitar 2 juta guru, dosen, dan tenaga kependidikan yang sudah divaksin. Jumlah ini setara dengan 35 persen dari target total sekitar 5,5 juta guru.
 
"Tahap dua, 1,2 juta, atau 22 persen," kata Jumeri dalam Bincang Interaktif Pendidikan, Rabu, 23 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jumeri mengatakan, vaksinasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan ini jadi salah satu persiapan Kemendikbudristek terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.
 
Persiapan lainnya, yakni penerbitan panduan PTM terbatas yang diperuntukkan bagi orang tua, sekolah, maupun dinas pendidikan di daerah. Menurut dia, panduan PTM terbatas ini juga terlampir dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi covid-19.
 
Baca: Kemendikbudristek: Tunjangan Guru yang Mengajar PJJ Jangan Dipotong
 
"Sosialisasi sudah dilakukan untuk panduan ini. Kami sudah mengundang banyak pihak untuk bisa melakukan pemahaman. sudah banyak juga kabupaten kota, sebagai bentuk mitigasi untuk mempersiapkan diri untuk PTM sesungguhnya," jelas Jumeri.
 
Kemudian, Jumeri juga mengatakan sampai saat ini sebanyak 35 persen dari total sekolah sudah menggelar PTM terbatas. Mulai dari jenjang PAUD, hingga SMA/SMK. 
 
Secara kesiapan sekolah, kata Jumeri, kesiapan sanitasi sekolah seperti toilet bersih sudah lebih 90 pesen. Lalu, sarana cuci tangan 90 persen, desinfektan sekitar 85 persen, akses fasilitas kesehatan sudah 84 persen. 
 
"Penetapan sekolah sebagai area wajib pakai masker dan physical distancing, 80 persen sudah punya thermogun," ungkapnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif