Ilustrasi guru. MI/Gino Hadi
Ilustrasi guru. MI/Gino Hadi

Merdeka Mengajar Jadi Platform Besar Bagi Guru untuk Berkembang

Ilham Pratama Putra • 10 Agustus 2022 16:56
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan platform Merdeka Mengajar beberapa waktu lalu. Platform ini dapat dimanfaatkan guru untuk berbagi metode pembelajaran sesama guru.
 
Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan platform tersebut telah menjadi satu wadah besar bagi guru. Guru, kata dia, terfasilitasi kebutuhannya melalui platform tersebut.
 
"Guru itu bawaannya adalah kepingin belajar, kepingin berkontribusi tapi dia enggak pernah dikasih suatu platform di mana dia bisa memamerkan kejagoan dia, bagaimana caranya dia bisa menunjukkan inovasi dia," kata Nadiem dalam Puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2022 secara daring, Rabu, 10 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nadiem menilai sebelum ada platform Merdeka Mengajar, guru-guru sulit menyalurkan kemampuan dan saling berbagi. Sebab, minimnya wadah yang dimiliki.
 
"Tapi dengan platform Merdeka Mengajar sekarang guru dari Papua bisa diapresiasi sama guru dari Yogja, diberikan komen dan lain-lain," papar Nadiem.
 
Nadiem menyebut platform ini juga mampu menekan besarnya biaya pelatihan guru. Terutama memangkas biaya peningkatan mutu guru.
 
"Biaya pelatihan untuk 5 juta guru itu sudah puluhan triliun enggak kan bisa kita mengadakan pelatihan yang benar-benar, tapi dengan aplikasi dalam platform Merdeka Mengajar, aplikasi belajar semua guru bisa belajar di levelnya sendiri-sendiri dan hasilnya luar biasa," tutur Nadiem.
 
Baca juga: Platform Merdeka Mengajar, Ini Testimoni Guru Setelah Menggunakannya

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif