Ketua Umum PB PGRI, Unifah Rosyidi. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Ketua Umum PB PGRI, Unifah Rosyidi. Foto: Medcom.id/Citra Larasati

PGRI Minta Ada Perbaikan Rekrutmen Guru PPPK di 2022

Pendidikan pendidikan Guru Guru PPPK PGRI Kaleidoskop 2021 Kaleidoskop Pendidikan 2021
Ilham Pratama Putra • 30 Desember 2021 19:19
Jakarta:  Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) melakukan refleksi akhir tahun terhadap pendidikan nasional sepanjang tahun 2021. Salah satu poin yang disoroti PGRI adalah perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru.
 
Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Unifah Rosyidi meminta ada perbaikan skema rekrutmen guru PPPK di tahun depan.  Unifah tidak ingin kondisi guru honorer di sekolah negeri di masa mendatang semakin memprihatinkan.
 
"Awalnya ketika ada niat merekrut satu juta guru itu kita sambut baik. Namun dalam pelaksanaannya kami berharap ada catatan penting. Jadi kami ingin ada perbaikan," ujar Unifah dalam webinar Satu Frekuensi, Kamis, 30 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia tidak ingin proses perekrutan guru PPPK ini memakan waktu lama. Dia pun khawatir jika perekrutan tak dilakukan dengan baik, maka akan menimbulkan masalah baru bagi guru honorer.
 
Baca juga:  PGRI Ingin Tiada Lagi Rekrutmen Guru Honorer di Sekolah Negeri
 
Kemudian, Unifah juga ingin guru honorer yang sudah lolos ini juga dapat langsung dikembalikan ke sekolah asalnya. Hal itu guna memenuhi kebutuhan guru PNS di sekolah negeri.
 
"Kami berharap nanti bisa didiskusikan bagaimana guru-guru ini dikembalikan ke sekolah asalnya dengan status PNS tadi," tutur Unifah.
 
Unifah menyebut, pengembalian guru yang lolos PPPK ke sekolah asal itu adalah suara dari sekolah. Dia berharap pemerintah turut membantu proses tersebut.
 
"Karena ini akan menjadi kebijakan publik. Kalau kebijakan publik ini kita wajib mendengar, supaya kebijakan yang dihadirkan tidak diskriminatif," tutupnya.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif