Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Iwan Syahril. Zoom.
Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Iwan Syahril. Zoom.

Jelang Pembelajaran Tatap Muka, Kemendikbud Siapkan Pelatihan Guru

Pendidikan guru Kualitas Guru Pembelajaran Tatap Muka Sekolah Tatap Muka Kembali Dibuka
Ilham Pratama Putra • 04 Desember 2020 10:07
Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan ( GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk Januari 2021. Guru diberikan pelatihan melalui webinar guru belajar.
 
"Kita memulai sebuah seri baru, seri webinar untuk guru kita bisa belajar, seri webinar guru belajar. Kita mengambil fokus yaitu persiapan PTM semester genap pada Januari 2021," kata Dirjen GTK dalam Peluncuran Seri Webinar Guru Belajar Persiapan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap 2020/2021, Jum'at 4 Desember 2020.
 
Guru, kepala sekolah dan dinas pendidikan diharapkan dapat mengikuti seri webinar ini. Agar semakin matang ketika melaksanakan PTM pada Januari 2021 nanti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Webinar akan terselenggara dalam beberapa minggu ke depan, kita akan setiap hari ada topik tentang persiapan untuk penyesuaian yang perlu dilakukan sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang PTM di masa pandemi," lanjut dia.
 
Baca: Honor Terpaksa Dipotong, Guru Berharap Pandemi Segera Berakhir
 
Iwan berharap guru-guru tak berhenti belajar dan melakukan penyesuaian untuk menjalankan pendidikan di tengah pandemi. Ada banyak hal yang harus diperhatikan guru dalam memersiapkan PTM ini.
 
"Jadi bukan hanya kesiapan pendidikan untuk daftar periksa protokol kesehatan, tapi juga proses-proses pembelajaran juga dapat dikelola dengan baik. Untuk pengelolaan hal tersebut kita memerlukan persiapan-persiapan supaya bisa dilakukan dengan dengan baik, jelas Iwan.
 
PTM maupun PJJ kata Iwan memiliki tantangannya sendiri. Untuk itu guru mesti terus berlatih, belajar dan melakukan penyesuaian pendidikan selagi masa pandemi ini berlangsung.
 
"Kita selalu dituntut untuk belajar karena situasi yang terus berubah, pemahaman kita tentang konflik, juga kebutuhan-kebutuhan kita juga berubah dan ini membutuhkan kita untuk terus menerus belajar," tutupnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif