Mendikbudristek Nadiem Makarim. Tangkapan layar. Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Mendikbudristek Nadiem Makarim. Tangkapan layar. Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Seleksi PPPK Guru, 2 Hal Ini 'Dikunci' UU ASN

Pendidikan Guru ASN Guru PPPK Seleksi PPPK Guru PPPK Kemendikbud
Ilham Pratama Putra • 20 Januari 2022 10:43
Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menjelaskan terkait aturan main pada rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru. Seleksi PPPK Guru mengacu Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN).
 
"Saya rasa masyarakat juga harus mengetahui bahwa kita punya UU ASN yang mengunci dua hal dalam rekrutmen PPPK ini," ungkap Nadiem dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR, Rabu 19 Januari 2022.
 
Pertama, kata Nadiem, UU ASN memuat aturan yang menetapkan guru swasta maupun negeri mendapatkan kesempatan yang sama ikut dalam seleksi guru. Kedua, pegawai ASN harus bekerja di dalam instansi pemerintahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi ini adalah dua hal yang memang dikunci oleh UU ASN," terangnya.
 
Baca: Nadiem Sebut Seleksi Guru PPPK Terkendala UU ASN
 
Ia menilai imbas dari aturan UU ASN adalah masalah-masalah yang dikeluhkan saat ini. Pertama, terkait beberapa guru yang lolos passing grade tapi tidak dapat formasi. Kemudian, guru-guru yang lolos passing grade tapi kalah dengan guru swasta dari sisi ranking, dan isu beberapa yayasan pendidikan swasta yang kehilangan guru.
 
Meskipun begitu, ia mengatakan Kemendikbudristek mengambil posisi untuk tetap berada di sisi guru honorer. Ia berharap agar persoalan tersebut dapat diselesaikan segera dan tidak ada pihak yang dirugikan.
 
"Kami mengambil posisi dan berjuang di Panselnas untuk guru-guru yang sudah lolos passing grade tapi belum dapat formasi, kita ingin dia tidak harus tes lagi. Pada saat formasinya keluar dia langsung dapat. itu adalah posisi Kemendikbud. Kita mengambil posisi yang sangat jelas untuk membela hak guru yang sudah lolos passing grade, tapi belum mendapatkan formasi," pungkas dia.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif