Wilfridus Kado, salah seorang guru SMK 7 Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan guru kunjung. Foto: Dok Pribadi
Wilfridus Kado, salah seorang guru SMK 7 Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan guru kunjung. Foto: Dok Pribadi

Kisah Peliknya Guru di NTT Mengajar di Masa Pandemi

Pendidikan guru Virus Korona Hari Guru Nasional Pendidikan Jarak Jauh
Ilham Pratama Putra • 25 November 2020 08:56
Jakarta: Wilfridus Kado, salah seorang guru SMK 7 Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) berinovasi lewat aplikasi Facebook dalam menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Facebook dipilih, karena memiliki layanan gratis.
 
Bagi guru kejuruan pertanian yang akrab dipanggil Frid itu, Facebook telah banyak membantu dia mengajar. Muridnya merasa dimudahkan dalam mengkases materi pembelajaran.
 
"Kami coba dari Facebook yang gratis, karena lebih murah. Tapi masalah ternyata belum selesai," ujar Frid kepada Medcom.id, beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kendala PJJ, selanjutnya dihadapi siswa yang tidak punya gawai. Hingga akhirnya, guru di SMK 7, termasuk Frid, harus mengunjungi para muridnya di rumah masing-masing.
 
Baca: Dedikasi Kepala Sekolah Tebarkan Terang untuk PJJ Siswa Tunanetra
 
Aktivitas guru kunjung, dimulai SMK 7 pada Juni 2020. Sejak saat itu, para guru SMK 7 mulai mendatangi murid. Bagi Frid, kendala yang dihadapi saat berkunjung ialah transportasi dan akses ke rumah murid yang berjauhan. Namun, semangat tak boleh luntur.
 
"Semua murid, harus bisa dikunjungi, dengan motor kita cari. Jalan juga kurang bagus. Dalam satu hari harus bisa, kadang waktu kendalanya. Tapi itu harus kita lakukan karena kita ingin juga melihat karakter dan kendala murid sesuai tuntutan kurikulum," sambung Frid.
 
Nahas, kadang murid pun tak bisa ditemui di rumahnya. Peliknya mengajar di tengah pandemi semakin kental dirasakan para guru SMK 7. "Tapi sampai di rumah itu anak-anak pergi kerja di kebun bantu orang tua. Itu terpaksa tugas dan modul kita berikan kita titipkan ke orang tua," terang Frid.
 
 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif