Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pemanfaatan Subsidi Kuota Internet 2020 Tak Maksimal, Ini Kata Guru

Pendidikan Pembelajaran Daring Bantuan Pendidikan Anggaran Pendidikan Subsidi Kuota
Ilham Pratama Putra • 04 Maret 2021 10:44
Jakarta: Sebanyak lima juta penerima subsidi kuota data internet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tercatat tak memanfaatkan bantuan tersebut. Pemanfaatannya tak sampai satu gigabyte, sehingga tak bisa menerima subsidi kuota tahun ini.
 
Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Heru Purnomo mengatakan hal itu lantaran pada 2020, subsidi kuota dipecah menjadi kuota belajar dan kuota umum. Besaran kuota belajar yang melimpah kala itu, menurutnya, justru tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.
 
"Karena banyak yang tidak mengenal aplikasi yang tersedia dalam kuota belajar," kata Heru kepada Medcom.id, Kamis, 4 Maret 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, ketika itu, kuota belajar hanya dapat digunakan untuk aplikasi pembelajaran tertentu. Seperti Zenius, Quipper, atau Google Classroom.
 
"Karena mereka tidak menggunakan aplikasi itu sama sekali, jadi memang tidak digunakan (subsidi kuotanya). Banyak aplikasi di kuota belajar itu akhirnya tidak bisa dipakai oleh mereka," jelas Heru.
 
Baca: Hati-hati! Link Subsidi Kuota Internet Beredar di WhatsApp Hoaks
 
Menurutnya, para siswa hanya ingin mengerjakan tugas atau ikut pembelajaran dengan model yang minimal. Kepala Sekolah SMPN 52 Jakarta itu mengatakan, tidak ada siswa yang ingin bersusah payah harus mengikuti pembelajaran dari aplikasi tertentu.
 
"Pada dasarnya mereka ingin melaksanakan tugas secara minimal. Apa yang ditugaskan gurunya itu yang dikerjakan, mereka tidak mau capek mencari aplikasi lainnya itu. Ketika guru atau siswa tidak mengenal aplikasi itu, dia tidak mau menggunakannya," tutup Heru.
 
Alokasi anggaran subsidi kuota internet tahun ini mengalami penurunan dibandingkan 2020. Selain jumlah kuota yang diberikan berkurang, pemangkasan anggaran disebabkan sejumlah faktor lain. 
 
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud Hasan Chabibie menerangkan, pada 2020 jumlah penerima subsidi kuota mencapai 35 juta orang. Sedangkan tahun ini, terdata sekitar 30 juta orang.
 
"Artinya ada lima juta lebih yang pemakaiannya tidak sampai satu gigabyte," ujar Hasan dalam bincang Kemendikbud secara daring, Rabu 3 Maret 2021.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif