Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi
Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi

Jadi Guru Itu Keren! Ini 9 Alasannya

Pendidikan Guru Guru Penggerak Guru Berbagi Guru Belajar dan Berbagi
Arga sumantri • 29 November 2021 13:10
Jakarta: Semua sepakat, guru adalah profesi yang sangat mulia. Guru sangat berjasa membangun generasi suatu bangsa menjadi lebih baik.
 
Sayangnya, tidak semua orang punya keinginan kuat untuk menjadikan guru sebagai profesi. Sebenarnya, jadi guru itu pekerjaan yang sangat mulia, juga memuaskan hati. Namun, gaji yang kurang memadai, pekerjaan menumpuk, dan tekanan agar siswa dapat nilai baik dalam ujian menjadi faktor yang membuat orang ‘takut’ menjadi pendidik.
 
Sejatinya, banyak keuntungan yang bakal didapat bila menjadi seorang guru. Berikut ini 9 keuntungan yang diperoleh ketika menjadi guru, dikutip dari ruangguru.com.

Meningkatkan wawasan dan semangat belajar 

Saat mengajarkan sesuatu, sebagai guru tentu akan turut serta belajar. Sebab, tidak mungkin mengajari orang lain tentang sesuatu, tanpa menguasai bidang tersebut. Apalagi, kalau menghadapi pertanyaan-pertanyaan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan mengajar, semangat untuk terus belajar dalam diri akan semakin bertambah. Bonusnya? Otak juga semakin terampil kemampuannya karena terus-menerus diasah dan pengetahuanmu semakin luas tentunya.

Pekerjaan tidak monoton

Kata siapa jadi guru itu pekerjaan yang monoton dan membosankan? Dibanding pegawai kantoran, guru justru memiliki pekerjaan yang lebih beragam serta dinamis. Setiap hari, guru akan terlibat dengan berbagai macam aktivitas, karakter siswa yang unik, topik-topik yang berbeda, dan tantangan baru.
 
Baca: Ketum PGRI Sampaikan 6 Pesan Titipan Guru untuk Pemerintah

Punya peran penting bagi masa depan

"Today you lead the school, tomorrow your students will lead the world."
 
Guru merupakan sosok yang digugu dan ditiru, juga jadi panutan. Guru adalah pengganti orang tua siswa di sekolah. Selain ilmu, siswa juga akan mencontoh perilaku gurunya. 
 
Imbasnya, guru memiliki peran penting dalam membentuk perilaku siswa ke depannya. Tanpa disadari, sekecil apapun hal yang dibagikan, bisa berarti sangat besar dan menggiring pada kesuksesan.

Jam kerja fleksibel

Kehidupan pekerjaan seyogianya bisa seimbang dengan kehidupan keluarga. Pekerja kantoran biasanya sulit punya waktu luang di hari kerja. Nah, guru memiliki jam kerja yang lebih singkat. Kalau guru sekolah, menyesuaikan dengan jam sekolah. Apalagi kalau guru privat, kamu bisa tentukan sendiri jamnya.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif