Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani.
Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani.

Pemerintah Dinilai Sulit Menghilangkan Keberadaan Guru Honorer

Pendidikan Guru Kebutuhan Guru Guru Honorer Kekurangan Guru Guru PPPK
Ilham Pratama Putra • 28 Januari 2022 11:37
Jakarta: Ketua Umum Perkumpulan Honorer Kategori 2 Indonesia (PHK2I), Titi Purwaningsih menilai sulit menghapus tenaga pendidik honorer pada 2023. Sebab, hingga saat ini pendidikan masih sangat bergantung pada guru honorer.
 
"Kalau menurut saya belum memungkinkan bersih dari guru honorer di tahun 2023, kenyataannya di lapangan masih banyak sekolah yang diisi oleh tenaga honorer," kata Titi kepada Medcom, Jumat 28 Januari 2022.
 
Titi menambahkan upaya pemerintah merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru pun tak akan membantu banyak terkait ketersediaan guru. Apalagi, banyak kendala dalam proses rekrutmen guru PPPK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Titi menyesalkan dengan adanya aturan penghapusan tenaga honorer tersebut. Sebab, penghapusan tenaga honorer tak diikuti dengan solusi yang memperhatikan nasib honorer ke depan, khususnya guru.
 
Baca: Penghapusan Honorer, Guru: Jangan Habis Manis Sepah Dibuang
 
"Yang paling menyedihkan apa iya sudah puluhan tahun mengabdi ternyata ujungnya dihapuskan begitu saja. Menurut saya sebelum aturan itu diberlakukan kasih solusi dulu yang terbaik buat para honorer khususnya honorer K2 yang sudah mengabdi sangat lama," ungkapnya.
 
Adapun aturan honorer tak lagi bekerja setelah 2023 itu diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018. "Terkait tenaga honorer, melalui PP diberikan kesempatan diselesaikan (pekerjaannya) sampai dengan tahun 2023," kata MenPAN-RB Tjahjo Kumolo melalui pesan singkat, Selasa, 18 Januari 2022.
 
Aturan terkait manajemen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja itu mengatur masa kerja honorer. Pegawai non-PNS instansi pemerintah tetap bekerja paling lama lima tahun sejak aturan itu diteken, atau pada 2023.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif