Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pesatnya Perkembangan Teknologi Jadi Tantangan Bagi Tenaga Pengajar

Pendidikan teknologi Guru Dosen
Ilham Pratama Putra • 16 September 2021 22:01
Jakarta: Pakar Pendidikan Ary Ginanjar menilai tantangan terhadap tenaga pengajar akan semakin besar, baik guru maupun dosen. Pasalnya, di era digital saat ini, siswa dapat dengan mudah mengakses materi kurikulum maupun pembelajaran di internet.
 
"Bahkan, sudah tidak aneh jika terdapat fenomena sebelum guru mengajar, murid lebih tahu secara lengkap apa yang akan diajarkan oleh sang guru," ujar Ary dalam RDP di Komisi X DPR, Kamis, 16 September 2021.
 
Menurut Ary, hal tersebut sudah tak bisa dibantah. Mungkin saja, kata dia, pengetahuan siswa justru selangkah lebih maju ketimbang guru karena bantuan teknologi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi, bisa dibayangkan, sebagai guru dan dosen menghadapi sesuatu yang sudah ada di internet dan semuanya sudah bisa cepat didapatkan. Bahkan bisa lebih hebat lagi dengan adanya Kecerdasan Artifisial (AI)," lanjut Ary.
 
Baca: Guru Penggerak Dinilai Beri Asa Perbaikan Pendidikan
 
Menurut dia, guru dan dosen adalah ujung tombak yang sangat penting dalam menyongsong era 4.0 dan 5.0 ke depan. Yang jadi masalah, kata dia, metode pembelajaran yang diberikan para tenaga pengajar kebanyakan masih menggunakan cara lawas.
 
"Mereka saat ini hanya mendapat materi ajar, mengajarkan, dan menyampaikan. Padahal semua itu di era sekarang ini, materi yang diajarkan itu ada di internet semua," bebernya.
 
Dia berharap guru juga mampu adaptif menghadapi perkembangan teknologi. Guru atau dosen harus mampu mengembangkan pendidkan melalui profil leadership, kemandirian, inovatif, kreatifitas dan daya memiliki daya saing global.
 
"Artinya guru harus punya kompetensi, mampu menggali potensi, mampu mengembangkan manusia secara utuh dan mampu mengembangkan karakter," ungkapnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif