Guru sedang mengajarkan siswa di muka kelas, MI/Gino Hadi.
Guru sedang mengajarkan siswa di muka kelas, MI/Gino Hadi.

Hari Guru Nasional 2020

Nadiem Terharu Mendengar Kisah-kisah Guru Saat Pandemi

Pendidikan guru Virus Korona Hari Guru Nasional Pembelajaran Daring Nadiem Makarim
Ilham Pratama Putra • 25 November 2020 09:21
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengungkapkan rasa harunya pada Hari Guru Nasional (HGN) 2020. Selama menjadi menteri, ia mengaku banyak mendapatkan cerita-cerita hebat tentang perjuangan guru dalam mengajar di tengah pandemi covid-19.
 
"Saya sangat terharu melihat dan mendengar cerita-cerita hebat, dedikasi, kesungguhan Bapak dan Ibu guru untuk bergerak mencari solusi agar proses belajar anak-anak Indonesia tidak terhenti," kata Nadiem dalam sambutan saat upacara HGN yang disiarkan melalui YouTube dari Gedung Kemendikbud Jakarta, Rabu, 25 November 2020.
 
Cerita-cerita yang diterima Nadiem, salah satunya mengenai inovasi pembelajaran daring.  Dia juga terharu saat ada guru yang membuat kelompok belajar kecil, lalu mendatangi siswanya secara bergiliran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada yang mendatangi rumah siswa dan berdiskusi dengan orang tua siswa untuk membantu proses belajar mengajar di rumah," terang Nadiem.
 
Baca juga:  Hari Guru Nasional di Tengah Pandemi, Ini Pesan Nadiem Makarim
 
Ada juga yang masuk ke sekolah dengan menggunakan jadwal bergilir dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Dia juga menerima laporan ada guru yang mencari sinyal hingga menyebrang sungai.
 
"Semuanya menjadi bukti bahwa kita semua adalah pewaris para pejuang yang tidak mau menyerah dengan keadaan. Kita mampu beradaptasi dengan terus belajar, berbagi, dan berkolaborasi," ungkap Nadiem.
 
Nadiem memberi apresiasi kepada guru yang terus berinovasi dalam memberikan pembelajaran di tengah pandemi. Menurutnya, semangat juang guru telah berhasil menciptakan pembelajaran yang luar biasa di masa sulit ini.
 
"Kami ingin memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua guru, tenaga kependidikan, pemerintah daerah, para pemangku kepentingan pendidikan yang telah menciptakan perubahan dan inovasi yang sangat luar biasa," tutup Nadiem.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif