Kegiatan mendongeng yang diniisiasi Universitas Ciputra Surabaya. Foto: Humas Universitas Ciputra.
Kegiatan mendongeng yang diniisiasi Universitas Ciputra Surabaya. Foto: Humas Universitas Ciputra.

Universitas Ciputra Surabaya Bangkitkan Minat Baca dan Tanamkan Moral Lewat Dongeng

Pendidikan beasiswa osc manfaat membaca Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 21 September 2021 12:29
Surabaya: Perpustakaan Universitas Ciputra Surabaya (UC) mendongeng di Balai RW 8 Lakarsantri, Surabaya. Sekitar 40 anak dengan kisaran usia 6-13 tahun berkumpul di Balai RW. 
 
Kepala Perpustakaan UC, Yehuda Abiel, menyatakan, minat baca anak harus didorong. Membaca sangat penting karena bisa membuka wawasan lebih luas.
 
"Minat baca ini perlu ditumbuhkan pada diri anak-anak. Kami kemas minat baca ini dengan cara mendongeng," ujar Yehuda Abiel, Selasa, 21 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bersama tim yang terdiri dari staf perpustakaan dan mahasiswa, Abi, sapaannya, membacakan sebuah buku berjudul Destiny's Calling yang dikemas dalam bentuk dongeng. Lengkap dengan boneka tangan, dan dibawakan dengan intonasi sesuai karakter, membuat anak-anak bergeming dan sesekali tertawa.
 
"Buku yang kami bacakan ini istimewa, karena merupakan karya dari 3 mahasiswa Visual Communication Design- UC. Buku ini mengisahkan tentang sosok Rira yang pintar namun memiliki sifat egois," terangnya.
 
Baca: Mahasiswa UKDW Kembangkan Alat Sterilisasi Paket Ekspedisi
 
Ia mengungkapkan pesan moral dari kisah ini adalah mengajarkan pada anak-anak untuk menjadi rendah hati tidak egois.
 
Pasha, salah satu peserta menyatakan sangat senang ikut acara pagi ini. Siswa kelas 4 SD itu mengatakan cerita yang dibacakan sangat seru. 
 
"Saya senang denger dongeng yang ada bonekanya. Seru ceritanya,seru juga game-nya. Aku juga dapat bingkisan," ungkap Pasha.
 
Menutup acara, Yehuda Abiel beserta tim juga menyerahkan sumbangan berupa buku-buku bacaan. Tim perpustakaan UC berharap minat baca anak-anak tumbuh dengan baik sehingga anak-anak banyak belajar tentang apapun.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif