Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW). Foto: Dok Humas UKDW.
Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW). Foto: Dok Humas UKDW.

UKDW Berhasil Loloskan Perwakilan di KBMI dan PKM 2021

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 06 Mei 2021 20:18
Yogyakarta: Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta meloloskan dua tim dalam program Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2021. Bukan hanya, ada tiga tim dari UKDW yang juga lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).
 
Kepala Biro Kemahasiswaan, Alumni, dan Pengembangan Karir (Biro III) UKDW Winta Adhitia Guspara menjelaskan KBMI merupakan salah satu kegiatan unggulan dari Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia sebagai implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. KBMI  diperuntukkan bagi mahasiswa yang memerlukan stimulasi dana pengembangan usaha yang sudah dirintis. 
 
"Program ini menitikberatkan pada orientasi ide bisnis, proses usaha, dan hasil usaha. Melalui program KBMI diharapkan dapat menghasilkan karya kreatif dan inovatif dalam membuka peluang usaha yang berguna bagi mahasiswa setelah menyelesaikan studinya," kata Adhitia, Kamis, 6 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: UKDW Gelorakan Gerakan Restorasi Bumi
 
Adhitia menuturkan dari lima proposal yang diajukan UKDW untuk KBMI 2021, ada dua proposal yang berhasil lolos untuk didanai. Kedua judul yang lolos tersebut adalah 'Yen Calligraphy' yang diajukan oleh Pic Yen (mahasiswa Desain Produk Angkatan 2017), Beni Mulia Tabarus (mahasiswa Sistem Informasi Angkatan 2017), dan Paulina (mahasiswa Akuntansi Angkatan 2018). Adhitia sendiri yang menjadi dosen pembimbing.
 
"Serta Kedai Kopi Kampus yang diajukan oleh Samuel Eljoy Wibowo, Matius Krisna Gunarno, dan Raymond Kurniawan mahasiswa Informatika Angkatan 2017 dengan pembimbing Winta Tridathu Satwikasanti. Dosen Desain Produk sekaligus Kepala Centrino UKDW," jelasnya.
 
UKDW telah menyiapkan kurikulum ekstrakurikuler yang dinamai ‘Rumah Softskill’ dengan mengusung jargon ‘Bergerak Bersama Mewujudkan Mahasiswa UKDW yang Tangguh, Unggul, dan Berprestasi’. Wadah ini berupaya membuat mahasiswa terbiasa dengan adaptasi, cara berpikir holistik, komprehensif, dan cekatan. 
 
"Lewat hasil yang diraih bisa membuktikan bahwa UKDW mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain. Dalam hal ini Biro III UKDW bekerjasama dengan Centre of Entrepreneurship and Innovation (Centrino) UKDW untuk pendampingan mahasiswa yang lolos program KBMI," terangnya.
 
 
Halaman Selanjutnya
Selain KBMI 2021, UKDW juga…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif