Telkom University.
Telkom University.

Rayakan Hari Jadi Pertama, TIP Community Lab Diharapkan Terus Berinovasi

Renatha Swasty • 04 Februari 2022 13:21
Jakarta: Telecom Infra Project (TIP) Community Lab merayakan hari jadi yang pertama. Laboratorium yang difokuskan meningkatkan konektivitas di Indonesia dan dunia ini diharapkan terus berinovasi.
 
“Karena setiap daerah di Indonesia layak mendapat konektivitas internet yang layak, kami ucapkan selamat merayakan 1 tahun community lab Telecom Infra Project Telkom University, terus dorong inovasi dan wujudkan indonesia terkoneksi, makin digital, makin maju,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam keterangan tertulis, Jumat, 4 Februari 2022.
 
TIP ialah komunitas perusahaan global dan organisasi yang mendorong solusi infrastruktur untuk memajukan konektivitas global. Pembentukan berkaca dari populasi dunia yang masih belum terhubung ke internet dan bagi mereka yang terhubung, konektivitas sering kali tidak mencukupi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


TIP Community Lab merupakan kolaborasi antara GSMA, TIP, pemerintah Indonesia, Telkom University, dan operator jaringan seluler untuk mendukung program Making Indonesia 4.0. Kolaborasi ini berupaya memajukan pertumbuhan digital dan ekonomi di Indonesia.
 
Kolaborasi melalui pengujian dan validasi TIP berbasis standar teknologi jaringan terbuka dan terpilih di lab dan lapangan dan memajukan penerapan solusi yang layak secara komersial. Kemudian, membangun kumpulan bakat lokal dan membina ekosistem telekomunikasi yang kuat dan beragam, termasuk ekonomi startup.
 
Penasihat khusus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Menko Marves), Prof Johanes Surya, berharap TIP Community Lab terus memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat. Khususnya dalam peningkatan telekomunikasi bagi masyarakat di Indonesia.
 
“Kami juga mengapresiasi kepada TIP karena telah bekerja sama dengan kami dalam pengembangan jaringan pada salah satu daerah strategis di Sumatra Utara, demi kemajuan produktivitas dan kualitas hasil tani dengan inovasi teknologi,” tutur dia.
 
Dia menuturkan masyarakat Indonesia boleh bangga bisa menjadi rumah bagi TIP Community Lab pertama di Asia Tenggara dan ke-14 di dunia. Johanes menyebut TIP Community Lab telah berjalan mengevaluasi dan mengadopsi solusi yang dikembangkan Kelompok Proyek TIP dan memberikan hasil dan persyaratan baru kembali ke komunitas TIP untuk pengembangan lebih lanjut.
 
Sementara itu, Rektor Telkom University, Prof Adiwijaya, berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam TIP Community Lab. Dia menyebut kolaborasi yang terjalin di TIP dapat memberikan manfaat dalam memencahkan masalah baik nasional maupun dunia.
 
“Kami harap TIP dapat terus berkontribusi dalam memajukan dunia telekomunikasi di Indonesia, melalui inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat," ucap dia.
 
Perusahaan telekomunikasi yang tergabung di TIP selama satu tahun terakhir telah berkolaborasi aktif dan turut mengembangkan sekaligus menghibahkan teknologi-teknologi yang dapat dimanfaatkan di TIP Community Lab Telkom University.
 
Adiwijaya menyebut TIP Community Lab APAC di Telkom University bakal terus berperan aktif dalam pengembangan teknologi baru, penciptaan talent digital, menciptakan produk lokal, dan menghasilkan startup di bidang telekomunikasi. Sehingga dapat mendorong pemerataan digitalisasi dan konektivitas nasional bertumbuh dengan cepat.
 
Melalui acara 1st anniversary, kolaborasi antara GSMA, operator seluler, pemerintah, dan Industri, lab akan terus menjadi focal point untuk pengembangan solusi dan inovasi. Sehingga dapat  mendukung terciptanya Indonesia yang lebih kuat dan lebih terhubung melalui perluasan konektivitas digital, platform digital baru, dan layanan digital.
 
Baca: Telkom University Raih Penghargaan Anugerah Diktiristek 2021
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif