Penerimaan mahasiswa baru Untar. Foto: Dok. Untar
Penerimaan mahasiswa baru Untar. Foto: Dok. Untar

Komandan Marinir Beri Wejangan untuk Mahasiswa Baru Untar

Media Indonesia.com • 13 Agustus 2022 11:30
Jakarta:  Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar kegiatan Pra Pendidikan Tinggi bagi mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023. Dalam kegiatan tersebut, Untar menghadirkan Komandan Pasmar 1 (Danpasmar 1) Brigjen TNI (Mar) Dr. Hermanto sebagai salah satu narasumber.
 
Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai cinta Tanah Air, kebinekaan, persatuan dan bela negara kepada mahasiswa.  Tema yang diangkat dalam kegiatan itu adalah "Untar untuk Indonesia: Penguatan Kapasitas Mahasiswa Untuk Mendukung Pembangunan Nasional".
 
Di kegiatan yang berlangsung pada sejak 10-12 Agustus 2022 itu, Hermanto mengatakan, mental kebangsaan dapat diartikan sebagai bentuk kesadaran dalam suatu bangsa.  Mental ini secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabdikan identitas, integritas, kemakmuran, dan kekuatan bangsa itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam arti sederhana adalah sikap mental dan tingkah laku individu atau masyarakat yang menunjukkan adanya loyalitas atau pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negara. “Mental Kebangsaan juga merupakan wujud ketangguhan bangsa Indonesia yang menjadi parameter kemampuan ketahanan nasional untuk menghadapi segala ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar negeri dalam proses pembangunan nasional,” kata Hermanto. 
 
Hermanto melanjutkan, dalam membangun mental kebangsaan, seseorang harus memahami pilar negara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Kemudian menumbuhkan rasa cinta tanah air dan menjaga persatuan dan kesatuan. Hermanto pun berpesan, agar mahasiswa baru Untar terus belajar, belajar keras, belajar cerdas.
 
kemudian jangan pernah berhenti belajar, kata Hermanto.  "Berhentilah belajar, ketika apa yang kalian inginkan itu sudah tercapai. Itupun masih belum tuntas bahagiakan orang tua, hormati sayangi ibu, karena ibumu  adalah kunci surga ingat itu, jangan pernah kecewakan ibumu. ketika kalian pernah mengecewakan Ibumu itu awal dari sebuah kehancuran jangan ini pesan moral,” kata Hermanto.
 
Rektor Untar Agustinus Purna Irawan mengatakan, dipilihnya narasumber dari kalangan militer, agar mahasiswa dapat menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan memiliki jiwa patriotisme terhadap bangsa dan negara.  “Kita sekarang ini sedang membentuk mental kebangsaannya cinta Tanah Air dan disiplin. Salah satu yang bisa kita rujuk adalah TNI-Polri untuk bisa memberikan penguatan," terang Agustinus.
 
Bagaimana mencintai Tanah Air, sambunh Agustinus, lalu bagaimana strategi menghadapi situasi yang mungkin tidak enak di dalam pergaulan di dalam maupun luar negeri. "TNI-Polri memiliki pengalaman yang luar biasa yang kemudian bisa ditularkan kepada para mahasiswa sehingga para mahasiswa mengetahui bahwa ancaman itu tidak hanya perang tetapi ancaman-ancaman yang lain.” ujar Agustinus. 
 
Agustinus berpesan kepada mahasiswa baru Untar agar dapat memberikan rasa bangga kepada kedua orang tua. Kesempatan yang diberikan kepada kedua orang tua, harus dibuktikan dengan capaian yang positif selama menuntut ilmu di Untar.
 
“Kami berharap kesempatan yang diberikan oleh orang tua, oleh keluarga untuk studi lanjut di Universitas Tarumanagara, harus dimanfaatkan seoptimal mungkin. Ini kesempatannya untuk menggali ilmu pengetahuan, belajar berorganisasi, menghasilkan prestasi untuk persiapan masa depan, karena dengan persiapan yang lebih kuat lebih hebat untuk mereka menjadi 'orang',” ujar Agustinus.
 
Untuk tahun akademik 2022-2023, Untar sukses menjaring lebih dari 3.500 mahasiswa baru. Para mahasiswa tersebut tersebar di delapan fakultas yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, serta Fakultas Ilmu Komunikasi.
 
Baca juga:  Unik! Satu Keluarga Raih Gelar Doktor di Fakultas Hukum Unair


 
(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif